SMN NTT saksikan praktik perawatan kecantikan pelajar SMKN 4 Jambi

id BUMN

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 dari Nusa Tenggara Timur (NTT) tengah menyaksikan demo perawatan kecantikan dan potong rambut yang dipraktikan oleh siswi SMK Negeri 4 Kota Jambi, Jumat. (Foto Dodi Saputra/Antaranews)

Jambi (ANTARA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), di Jambi, Jumat, menyaksikan demo praktik keterampilan kecantikan yang ditampilkan siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Jambi, dalam rangkaian kegiatan program pertukaran pelajar BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Peserta SMN NTT terdiri dari 25 siswa SMA/SMK dan tiga siswa difabel baru tiba di Jambi, Kamis (15/8). Selama di Jambi peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan yang telah dijadwalkan oleh BUMN pelaksana program di Jambi yakni PT Semen Baturaja, Jiwasraya dan PTPN VI.

Salah satu rangkaian kegiatan peserta SMN NTT adalah mengunjungi salah satu SMK unggulan di Jambi. Tiba di SMKN 4 Jambi, peserta SMN beserta pendamping disambut hangat siswa/siswa di sana. Setelah menggelar pertemuan dengan Kepala Sekolah SMKN 4 Jambi, peserta juga mengunjungi ruang-ruang praktek di sekolah tersebut.

Baca juga: SMN Gorontalo antusias bedah buku "Bingkai Anak Negeri" di Surabaya

Kepala Sekolah SMKN 4 Jambi, Sujono menyambut baik kedatangan peserta SMN NTT, ia bangga sekolah yang ia pimpin menjadi salah satu kunjungan peserta SMN 2019.

Ia kemudian menerangkan prestasi anak-anak di sekolah tersebut serta kejuruan yang ada. Bahkan mempersilahkan peserta SMN NTT mengunjungi ruang praktek yang ada di sekolah.

Kemudian peserta SMN NTT bersama pendamping mereka dan PIC BUMN di NTT yakni Pelindo III dan PT Garam berkesempatan mengunjungi ruang praktek Tata Boga, Kecantikan, Tata Busana dan Perhotelan. Sekolah kejuruan tersebut memang fokus pada empat bidang tersebut.

Tidak hanya itu, peserta SMN NTT juga disuguhkan penampilan fashion show dari siswa/i SMKN 4. Peserta SMN NTT terlihat antusias bertemu siswa/i di sekolah tersebut dan selalu mengabadikan setiap moment baru yang mereka dapat.

Baca juga: Antara Kalsel beri pengetahuan siswa mengenal Nusantara Sumbar

PIC PT Semen Baturaja, Afrizal dalam kesempatan tersebut mengatakan peserta SMN NTT akan mengikuti serangkaian kegiatan pertukaran pelajar atau SMN di Provinsi Jambi dari tanggal 15 hingga 23 Agustus 2019.

Selama mengikuti SMN atau pertukaran pelajar BUMN Hadir Untuk Negeri, peserta SMN akan berkunjung ke berbagai lokasi dan objek wsata di Jambi. Di antaranya peserta akan berkunjung ke kebun teh Kayu Aro di Kabupaten Kerinci. Di sana peserta akan diperlihatkan proses pembuatan teh kayu aro.

Selain itu, selama di Kota Jambi peserta SMN juga akan mendapatkan materi terkait bela negara dan akan berkunjung ke sejumlah tempat guna menambah wawasan peserta SMN, baik wawasan terkait adat istiadat, budaya dan pengetahuan umum lainnya.

Ada juga bedah buku SMN 2018 di perpustakaan daerah, mengikuti upacara Hari Kemerdekaan RI dan berkunjung ke sanggar batik dan kunjungan ke Candi Muarojambi serta objek wisata lainnya.

"Kita berharap peserta SMN NTT bisa merasa nyaman selama berada di Jambi dan banyak mengetahui adat budaya dan keberagaman yang ada di Jambi," kata Afrizal.

Baca juga: Siswa Mengenal Nusantara asal Sulteng bangga naik Panser Anoa

Pewarta : Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar