Rombongan SMN 2019 Jambi bertolak menuju NTT

id smn, bhun, smn bhun 2019, jambi, ntt, bumn, hadir untuk negeri

Sebanyak 23 pelajar Jambi peserta program Siswa Mengenal Nusantara 2019 yang merupakan rangkaian BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019 beserta tim pendampingnya bertolak menuju Nusa Tenggara Timur. Tim SMN 2019 Jambi berfoto bersama di Bandara Sultan Thaha Jambi untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Kupang melalui Jakarta. (Foto Dodi Saputra/Antaranews)

Jambi (ANTARA) - Sebanyak 20 siswa SMA/SMK dan tiga siswa difabel yang menjadi peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Jambi 2019, Kamis (15/8) diberangkatkan ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam program pertukaran pelajar BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Peserta SMN Jambi 2019 dilepas langsung Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Heriyanto didampingi Senior Manager CSR PT Semen Baturaja Fuad Azizi, perwakilan Jiwasraya Dewirma Suhelmi dan Perwakilan PTPN VI Devi Amalia Lubis.

Pelepasan peserta SMN Jambi 2019 digelar di Hotel V Kota Jambi. Kemudian peserta langsung menuju ke Bandara Sultan Thaha Jambi selanjutnya menuju Kupang  dengan transit di Jakarta dan Surabaya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Heriyanto di kesempatan itu mengatakan kegiatan tahun ini adalah SMN yang ke-lima. Dimana tahun ini sebagai pelaksana adalah PT Semen Baturaja, Jiwasraya dan PTPN VI.

Ia mengatakan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mendukung penuh program SMN yang merupakan rangkaian BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

"Mudah-mudahan kegiatan ini terlaksana dengan baik hingga selesai. Kami mendukung penuh program ini karena dapat menambah wawasan baru bagi anak-anak kita," kata Agus.

Agus juga berpesan kepada peserta SMN Jambi 2018 untuk memberikan informasi yang baik kepada teman-teman atau masyarakat NTT. Sebab program yang mereka ikuti adalah program yang membangun.

"Pesan saya kepada peserta jaga kekompakan, apabila ada yang diinginkan segera koordinasikan dengan pembimbing. Jaga nama baik daerah dan promosikan daerah Jambi selama di NTT," ujarnya.

Dalam pelepasan itu, Manager CSR PT Semen Baturaja Fuad Azis, Perwakilan Jiwasraya dan PTPN VI memberikan perlengkapan kepada peserta SMN Jambi 2019.

Senior Manager CSR PT Semen Baturaja Fuad Azizi didampingi Bagian CSR Aprizal, mengatakan program pertukaran pelajar atau SMN merupakan kegiatan rutin yang digelar BUMN sebagai upaya membuka wawasan dan saling mengenal keberagaman daerah di Indonesia.

Peserta SMN Jambi 2019 diberangkatkan ke Provinsi NTT untuk mengenal keberagaman daerah di sana. Peserta SMN Jambi juga akan menunjukkan kesenian serta mempromosikan daerah selama di NTT. Begitu pula sebaliknya saat peserta SMN dari NTT berada di Jambi.

Fuad mengatakan tahun ini ada tiga perusahaan BUMN yakni PT Semen Baturaja, PTPN VI dan Jiwasraya yang menjadi tuan rumah program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di Jambi.

Fuad minta peserta SMN Jambi mampu menjaga nama baik daerah, menjaga tingkah laku dan adat budaya selama di NTT.

Selain itu ia juga berharap peserta untuk memanfaatkan kesempatan kegiatan tersebut untuk memperluas wawasan serta menjalin silaturahim dengan sesama siswa, serta memperoleh pengalaman berharga dengan mengunjungi sejumlah lokasi di Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: 23 peserta SMN asal Sultra ikuti materi wawasan kebangsaan
Baca juga: 23 SMN Banten antusias dibekali Ilmu jurnalistik dan Medsos
Baca juga: Penyandang disabilitas peserta SMN Sulteng tertarik lagu batak

Pewarta : Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar