Magelang (ANTARA) - Para pelajar dari Provinsi Sulawesi Utara peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) mendapat materi bela negara di Resimen Induk Kodam IV/Diponegoro di Magelang.

Dandodik Bela Negara Rindam IV/Diponegoro Letkol Inf. Tentrem Raharjo di Magelang, Rabu, mengatakan bahwa kegiatan siswa dari SMA/SMK dari Sulawesi Utara direncanakan mulai 14 hingga 15 Agustus 2019.

Ia menyampaikan hal tersebut usai menerima penyerahan siswa program SMN dari Sulut oleh Manajer CSR PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani SemarangIke Yutiane Purwanita. "Sesuai dengan perintah Komandan Rindam IV/Diponegoro dalam kegiatan ini ada materi pembekalan teor,i baik bela negara, wawasan kebangsaan, dan kedisiplinan," kata Tentrem.


Baca juga: Gubernur minta peserta SMN perkenalkan kondisi Maluku

Baca juga: PTPN IV bekali siswa mengenal nusantara kemampuan menulis karya ilmiah

Baca juga: Peserta siswa mengenal nusantara dibekali niai-nilai kebangsaan


Melalui kekiatan tersebut diharapkan nantinya para siswa memiliki karakter yang berdisiplin.

Ike menyebutkan peserta program SMN dari Provinsi Sulut ini diikuti sebanyak 23 siswa, tiga di antaranya adalah penyandang disabilitas.

Mereka sebelumnya telah melalui seleksi, antara lain, berupa tes wawancara, tes kebangsaan, potensi daerah, kebudayaan, dan kewirausahaan.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan masing-masing provinsi," katanya.

Ia menuturkan kegiatan SMN ini dalam rangka BUMN Hadir untuk Negeri yang ingin mengenalkan keberagaman kekayaan nusantara dan potensi daerah yang dikenalkan melalui interaksi langsung dengan komponen pemerintah, masyarakat, maupun di Rindam IV/ Diponegoro ini.

"Di sini anak-anak dibekali dengan bagaimana dia cinta tanah air, bagaimana kesadaran mereka berbangsa dan bernegara, bagaimana mereka bisa membela negaranya. Hal ini akan bermanfaat bua mereka ke depannya, baik pribadi maupun negara kita," katanya.
 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019