Shalat Idul Adha akan dimulai pukul 07.00 WIB, dan akan diawali dengan laporan Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Alwis dan sambutan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Padang (ANTARA) - Pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 Hijriah tingkat Provinsi Sumatera Barat pada Ahad (11/8) 2019 dipusatkan di halaman kantor gubernur setempat dengan Masjid Raya Sumbar sebagai lokasi alternatif jika cuaca buruk, kata juru bicara pemerintah daerah setempat.

"Persiapan untuk dua tempat itu dilakukan mulai Sabtu (10/8). Pelaksanaan shalat Idul Fitri lalu akan jadi bahan evaluasi pelaksanaan shalat Idul Adha kali ini" kata Kepala Biro Humas Sumbar, Jasman di Padang, Jumat.

Ia menjelaskan shalat Idul Adha akan dimulai pukul 07.00 WIB, dan akan diawali dengan laporan Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Alwis dan sambutan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Tahun ini yang bertindak sebagai imam adalah Bakri, SIQ, S.Ag, M.Pd.I. sedangkan khatib akan disampaikan oleh Dr H Syukri Iska, M.Ag.

Usai pelaksanaan shalat, juga akan dilaksanakan pemotongan hewan kurban darig Gubernur, Wagub, Sekda serta seluruh kepala SKPD Provinsi Sumbar sebanyak 7 ekor sapi di komplek gubernuran, Jalan Jenderal Sudirman, Padang.

Pemotongan hewan kurban juga akan digelar di Masjid Raya Sumbar, namun hanya dikhususkan untuk satu ekor hewan kurban sumbangan Presiden Joko Widodo.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar Erinaldi mengatakan sapi kurban sumbangan Presiden itu saat ini semakin bertambah beratnya dari awalnya 1,07 ton menjadi 1,2 ton.

"Sekarang masih dikandang pemilik di Agam. Pada Sabtu (10/8) malam dibawa ke Padang," katanya.

Data Dinas Peternakan dan Keswan Sumbar menyebutkan jumlah hewan kurban di provinsi itu tahun ini diperkirakan sebanyak 46 ribu ekor, tidak jauh berbeda dengan jumlah hewan kurban tahun 2018.

Pasokan hewan kurban tahun ini didatangkan dari Pesisir Selatan, Dharmasraya dan Solok Selatan serta beberapa daerah lain di Sumbar dan juga dari luar Sumbar, demikian Jasman.

Baca juga: Semen Padang bagikan 43 sapi kurban

Baca juga: Bukittinggi pusatkan shalat Id di Lapangan Wirabraja

Baca juga: Pemkab Agam larang pemotongan sapi betina produktif

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019