KPA-puskesmas Pariwisata Manado Cegah HIV/AIDS Pada Siswa

Pewarta : id KPA Manado, HIV/AIDS, Joni Wuisan, Manado

Suasana sosialisasi KPA bersama Puskesmas Wisata kemarin. (Jon/Ist) (1)

Manado, (AntaraSulut) - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Manado bersama Puskesmas pariwisata setempat, melakukan kegiatan pencegahan HIV-AIDS dan narkoba, bagi siswa di Wenang.

"Kegiatan tersebut kami laksanakan dalam bentuk sosialisasi dan penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS serta narkoba, dan bagaimana penularannya," Kata Pengelola Program KPA Manado, Joni Wuisan, di Manado, Rabu.

Joni mengatakan, kegiatan pencegahan HIV/AIDS dan narkoba tersebut digelar sejak tanggal 11 sampai 26 Oktober 2016, yang dengan sasaran siswa SMP, SMA/SMK di wilayah Wenang.

Menurut Joni, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa SMP dan SMA sederajat tentang bahayanya HIV/AIDS, termasuk kesehatan reproduksi, penyakit menular seksual, sampai ancaman narkoba kepada siswa sebagai generasi muda.

Sosialisasi tersebut, kata Wuisan, diharapkan akan membuat para siswa di Manado, akan memiliki pemahaman tentang bahaya HIV/AIDS dapat dijadikan sebagai tameng diri dari ancaman virus mematikan tersebut.

"Para siswa yang merupakan remaja yang sedang mencari jari diri rentan dengan hal-hal demikian, dan diharapkan tidak akan melakukan hal-hal yang dapat merugikan dirinya, setelah mengetahui dan memahami tentang bahayanya HIV/AIDS dan narkoba yang bisa membuatnya rugi seumur hidup," katanya.

Dalam sosialisasi tersebut, kata Joni, kepala Puskesmas Pariwisata Manado, dokter Dona Tambunan, juga ikut ambil bagian menyampaikan tentang pentingnya kesehatan reproduksi dan penyakit menular seksual.

Demikian pula dengan KPA Manado, kata Joni, yang mengangkat tentang bahaya HIV/AIDS dan bagaimana mencegahnya dengan bersikap baik, tidak melakukan perbuatan terlarang seperti pergaulan bebas, dan sebagainya karena akan merusak dan merugikan diri sendiri.

Penyuluhan tersebut, dilaksanakan di SMP Muhammadiyah I, SMP Yapim, SMP PGRI 1, SMP YPKM, SMP Frater Don Bosco, SMA PGRI, SMA El Fatah, SMA YPKM dan SMP Tri Dharma, dan di SMK Muhammadiyah. ***4***



(T.KR-JHB/B/Y008/Y008) 25-10-2017 23:34:43
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar