Kamis, 19 Oktober 2017

Bupati Minahasa Lepas 17 Jamaah Haji

id Bupati Minahasa Lepas 17 Jamaah Haji
Bupati Minahasa Lepas 17 Jamaah Haji
Bupati Jantje Sajow ketika bersalaman dengan jamaah haji yang akan melaksanakan umroh. (1)
kaum muslim di Minahasa untuk terus membangun tatanan kehidupan bermasyarakat yang senantiasa menjaga dan mengembangkan kerukunan antar umat beragama di tanah Minahasa
Tondano (AntaraSulut) - Sebanyak 17 jamaah haji Kabupaten Minahasa dilepas Bupati Jantje Wowiling Sajow untuk mengikuti umroh dalam acara pelepasan di aula kantor Departemen Agama (Depag), Kamis (10/8).

Acara diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur'an oleh Ustadz Syarifuddin Towadi, kemudian selanjutnya ceramah Hikmah Walimatul Safar (tauziah) disampaikan oleh Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Kabupaten Minahasa Samsudin Dali.

Dalam ceramahnya Dali menyampaikan berhaji itu adalah memenuhi panggilan Allah Swt, untuk itu berhajilah karena Allah. Artinya mengikhlaskan segala urusan haji itu karena Allah semata.

Kepala Kantor Depag Kabupaten Minahasa Sonya Mongkau dalam sambutannya meminta kepada bupati untuk melepas para jemaah haji ini untuk selanjutnya akan diberangkatkan ke pondok haji Tuminting Sabtu nanti.

Sementara Bupati Jantje Sajow mengatakan selaku pemerintah menyampaikan selamat kepada para jamaah haji yang sudah sekian lama menunggu giliran untuk berhaji dan baru kali ini bisa melaksanakan ibadah suci ini.

"Dalam menunaikan ibadah haji jaga kesehatan, ikuti prosesi manasik haji dengan baik, harus selalu kompak antara satu dengan yang lain, harus selalu bersabar, jangan sampai kesabaran itu hilang dari diri kita, sebab itu salah satu pemicu hilangnya keimanan kita," pesannya.

Ia mengajak kaum muslim di Minahasa untuk terus membangun tatanan kehidupan bermasyarakat yang senantiasa menjaga dan mengembangkan kerukunan antar umat beragama di tanah Minahasa. Sekaligus selaku pemerintah akan memberikàn sedikit uang saku sebagai penambah bekal kepada para jamaah sekalian.

"Tidak banyak namun saya berharap ini dapat bermanfaat bagi bapak ibu. Uang saku yang akan saya berikan sebesar Rp2.500.000/orang, selanjutnya berharap semoga bapak ibu sekalian akan memperoleh haji yang mabrur dan mabruro," katanya.

Turut hadir dalam acara pelepasan haji diantaranya Kakandepag Sonya Mongkau, Danramil 01/Tondano Kapten Inf Wilmar Saragih, perwakilan Polres Minahasa oleh Ipda Sinaga, Kajari Saptana Setyabudi, ketua MUI Minahasa, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Zamsudin Dali, dan para kepala KUA se-Kabupaten Minahasa.

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga