Tomohon (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Tomohon, Sulut, terus melakukan pelacakan terhadap warga yang sempat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

"Masyarakat yang telah dan akan dihubungi dinas kesehatan, diharapkan bersikap kooperatif serta mengikuti semua prosedur dan protokol yang telah ditetapkan," ajak Jubir Gugus Tugas Pecepatan Penanganan COVID-19 Kota Tomohon, Yelly Potuh di Tomohon, Minggu.

Hari ini, sebut dia, pasien terkonfirmasi positif Kota Tomohon sebanyak tujuh orang. Satu orang sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), empat orang Kontak Erat Resiko Tinggi (KERT), dan dua orang hasil tes cepat reaktif yang ditindaklanjuti dengan tes usap (swab test).

"Akumulasi pasien COVID-19 dsi Tomohon tercatat sebanyak 134 kasus," jelas Yelly.

Sebarannya adalah 26 kasus di Kecamatan Tomohon Utara, 17 kasus di Kecamatan Tomohon Timur, 22 kasus di Kecamatan Tomohon Tengah, 24 kasus di Kecamatan Tomohon Barat, dan sebanyak 45 kasus terdistribusi di Kecamatan Tomohon Selatan.

Gugus Tugas COVID-19 Kota Tomohon, sebut Yelly, terus berharap masyarakat mengikuti protokol kesehatan ketika melakukan aktivitas.

"Teruslah menjaga jarak fisik, menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun serta menghindari kerumunan," ujarnya.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024