Sitaro (ANTARA) - Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) ketambahan empat pasien terkonfirmasi positif COVID-19, dengan demikian kasus positif di daerah itu totalnya menjadi  enam orang.

Bupati Sitaro Evangelian Sasingen yang juga merupakan Ketua Tim Gugus Tugas  Percepatan Penanganan Covid 19,  mengungkapkan, dua orang diantaranya terdeteksi saat tengah melakukan pengobatan di rumah sakit Manado sedangkan empat orang pasien yang baru diumumkan sudah dilakukan penanganan sesuai protokol  dan telah diisolasi di rumah sakit rujukan .

“Tim gugus tugas langsung melakukan penanganan cepat dengan menjemput keempat pasien dan dibawa kerumah sakit rujukan untuk mendapat penanganan lebih  “ jelasnya Jumat 10/7.

Samuel Raule selaku juru bicara penanganan COVID-19 Sitaro, merinci empat orang pasien positif yang terdiri dari dua orang laki laki dan dua orang perempuan dengan profesi sebagai pedagang dan tenaga medis. “ Sebelumnya empat orang ini telah melakukan tes cepat dengan hasil reaktif dan dilanjutkan  swab dan hasilnya  positif.   

“ Keempat pasien tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan dari daerah penyebaran virus corona namun dugaan sementara dari tim surveilens, tiga pasien pedagang terindikasi melakukan kontak dari salah satu kerabat asal kota Manado yang datang ke Sitaro “ tutur Raule.

Sedangkan untuk tenaga medis yang terpapar masih dilakukan tracing dan tracking kontak untuk mengetahui siapa yang menjadi carrier atau pembawa virus.

“ Kami pun sudah melakukan tracking dan tracing sebagai langkah untuk mengetahui orang orang yang melakukan kontak erat dengan keempat pasien untuk selanjutnya dilakukan tes cepat dan juga pengambilan sampel swab” tutupnya.


Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024