Minahasa Tenggara (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Utara(Sulut), Steven Kandouw berharap masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan ketika melakukan aktivitas ekonomi di saat pandemi COVID-19 sekarang ini.

"Ketaatan warga melakukan protokol kesehatan ketika menjalankan aktivitas ekonomi menjadi kunci sukses berjalannya adaptasi kehidupan baru masyarakat produktif dan aman COVID-19 seperti yang diatur dalam Pergub Sulut Nomor 44 Tahun 2020," ujar Wagub Steven di Minahasa Tenggara, Kamis.

Wagub saat menghadiri rakor Rakorev Penanganan COVID-19 di Kabupaten Minahasa Tenggara, berharap masyarakat tetap melakukan aktivitas seperti biasa, terus bekerja meningkatkan kesejahteraan.

"Sekarang sudah ada panduan silahkan Pak Bupati dan jajarannya mengelaborasi sesuai dengan kebutuhan di daerah ini," katanya. 

Wagub memberikan apresiasi kepada Bupati Minahasa Tenggara, James Sumendap yang mengambil langkah sigap melakukan PSBB dalam percepatan penanganan COVID-19. 

Karenanya ajak Wagub Sulut keenam itu, masyarakat disiplin melakukan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak fisikdan mencuci tangan dengan sabun agar aktivitas ekonomi berjalan lancar dan terhindar dari COVID-19.

“Terpenting masyarakat yang akan beraktivitas tetap mematuhi protokol kesehatan,” tandas Kandouw.

Di samping itu, Kandouw juga mengapresiasi langkah pencegahan yang dilakukan pemerintah kabupaten dengan melakukan tes cepat.

Wagub Steven juga sebelum mengikuti juga mengikuti tes cepat dan hasilnya nonreaktif.

“Saya mengapresiasi Pak Bupati James Sumendap, nanti saya akan menyampaikan kepada pak Gubernur Olly untuk membantu membuatkan Swab Portable PCR. Mudah-mudahan Kabupaten Minahasa Tenggara akan mendapatkan satu,” ujar Kandouw.

Wagub juga mengingatkan pentingnya 'good governance' terkait kesamaan visi pemerintahan secara berjenjang agar pembangunan berjalan optimal termasuk dalam penanganan pandemi ini. 

“Intinya dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, kecamatan hingga ke hukum tua itu harus satu visi,” tandasnya.

Bupati James Sumendap mengatakan, keberhasilan pemerintah kabupaten mengatasi masalah COVID-19 karena sinergitas yang terjalin baik dengan Pemprov Sulut.

Selain menghadiri rakorev, Wagub Steven juga menyerahkan secara simbolis bahan kebutuhan pokok sebanyak 18.503 paket sembako kepada warga setempat yang terdampak COVID-19.



 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024