Manado (ANTARA) - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulut, Rio Dondokambey mengajak elemen pemuda hidup produktif di saat pandemi COVID-19.

"Di era pandemi COVID-19 ini menuntut seluruh pemuda hidup produktif dan menanggalkan setiap beban hidup yang menghalangi ide dan kemampuan," ajak Rio di Manado, Kamis 

Sebagai seorang pemuda, kata dia, harus memiliki etos kerja, semangat, kreativitas, inovasi, "passion" dan masih banyak hal positif lainnya. 

Anak muda yang produktif, sebut dia, ada yang menekuni profesi sebagai petani, nelayan, "content creator, celebgram, youtuber, entrepreneur" dan berbagai pekerjaan lainnya. 

Pemuda, lanjut dia, bukan soal profesi, tetapi soal kreasi.

“Oh ya, satu lagi, berhenti mengeluh karena itu tidak produktif. Pakailah kemampuanmu, berikan masukan positif yang konstruktif guna bangun daerah ini,” ujar Rio.

Rio kembali mengajak seluruh pemuda di Sulut terus bersemangat menghadapi tantangan kehidupan dengan terus menggali potensi diri.

“Kita punya potensi, itu besar. Memang banyak hal teknis yang perlu dibenahi dalam konteks kepemudaan. Tapi jika kita awali itu dengan tekad dan semangat perjuangan, saya berani jamin kita bisa lebih maju,” tutup Rio.

Baru-baru ini, Rio mengikuti jejak ayahnya menjual kopra ke salah satu perusahaan pengolahan di Kota Bitung.

Rio pun membeberkan alasan dirinya tak gengsi menjual kopra kendati label anak gubernur melekat padanya.

"Seorang pemuda harus produktif mengembangkan potensi yang dimiliki," sebutnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024