Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sulawesi Utara mengajak warga melakukan donor darah melalui  Palang Merah Indonesia (PMI) guna memenuhi kebutuhan darah di daerah itu.

"Kami rutin melakukan donor darah setiap tiga bulan, dan kali ini bekerja sama dengan Polda Sulut dan PMI," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat di Manado, Senin.

Arbonas mengatakan kegiatan donor penting dilakukan, selain memenuhi kebutuhan darah yang tinggi di Sulut, juga untuk menjaga ketersediaan, sehingga saat masyarakat membutuhkan stok di bank darah tetap tersedia.

"Kami mengajak seluruh masyarakat agar ikut ambil bagian dalam menjaga ketersediaan darah di Sulut, dan ikut menyumbangkan darahnya," katanya.

Pada kegiatan donor darah kali ini, pihaknya menargetkan sebanyak 300 kantong darah, yang rencananya akan dilaksanakan pada Selasa (16/6) pukul 08.30 Wita di Ruang Catur Prasetya Polda Sulut.

Menurut data dari PMI Sulut, katanya, setiap bulan ada 3.000 kantong darah yang dibutuhkan di Sulut baik rumah sakit di Kota Manado maupun di kabupaten dan kota.

Sehingga pihaknya berharap semua instansi bisa melakukan donor darah setiap tiga bulan sekali, karena setiap hari membutuhkan 100 kantong darah.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024