Manado (ANTARA) - PT PLN Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Peduli dengan sambungan listrik gratis.

"Penyerahan bantuan listrik gratis ini disalurkan melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Palu dengan lokasi tempat penyerahan bantuan di wilayah Lasoani, Kecamatan Mantikolore, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah," kata General Manager UIW Suluttenggo, Christyono, di Manado, Minggu.

Dia mengatakan program CSR PLN Peduli ini merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh PLN selain untuk mendukung proses bisnis inti perusahaan yaitu terkait peningkatan Rasio Elektifikasi sebuah daerah, disisi lain PLN mengharapkan lewat program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat penerima sambungan listrik gratis tersebut. 

Dia mengatakan dengan manfaat yang didapatkan seperti terbantu dalam hal biaya penyambungan, instalatir, dan sertifikat laik operasi, serta meningkatkan perekonomian keluarga dengan memanfaatkan listrik sebagai penggerak usaha rumah tangga.

Christyono, mengatakan bahwa PLN Berkomitmen untuk terus meningkatkan Rasio Kelistrikan, salah satunya tentunya tanggungjawab sosial perusahaan melalui CSR, semoga bantuan ini memberikan makna dan kebahagiaan.

Dia juga berharap kedepan juga ada partisipasi juga pihak lainnya untuk juga memberikan bantuan CSR untuk masyarakat yang membutuhkan.

Galih Chrissetyo, Selaku Senior Manager SDM dan General Affairs yang membidangi CSR , turut memberikan gambaran arah dan Tujuan CSR PLN Peduli, yakni program ini akan terus berkomitmen membangun CSR dengan fokus Sustainable Development Goals (SDGs) dimana harapannya setiap program CSR bisa menyasar terhadap 17 Program SDGs meliputi Pengentasan Kemiskinan, Pangan, Kesehatan, Pendidikan, Kesetaraan Gender, Ketersediaan air, Ketersediaan energi, Peningkatan perekonomian masyarakat, Infrastruktur,  Iklim, Pemukiman, Ekosistem Kelautan, dan juga keberlanjutan untuk mendukung pembangunan”, tambah pria yang mempunyai hobi bersepeda ini. 

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Palu Muhammad Wardi Hadi berharap bantuan yang telah diberikan ini dapat memberi manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat, karena seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhkan listrik merupakan salah satu pendorong dalam hal penggerak kegiatan ekonomi masyarakat. 

“Dengan adanya listrik yang merupakan salah satu kebutuhan pokok saat ini, masyarakat dapat berkembang untuk meningkatkan taraf hidupnya, dengan adanya listrik masyarakat dapat membuka peluang-peluang usaha, karena pada dasarnya listrik untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik,” kta Wardi.

Adapun total bantuan penyambungan listrik gratis dalam rangka peningkatan rasio elektrifikasi di Provinsi Sulawesi Tengah ini berjumlah Rp90 juta.   

Penyerahan Secara Simbolis bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Manajer PT PLN (Persero) UP3 Palu Bapak Muhammad Wardi Hadi serta dilakukan penyalaan listrik ke rumah warga untuk pertama kalinya yaitu dirumah Bapak Isman dapat menyala dan disaksikan langsung oleh Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Bapak DR H Moh Hidayat Lamakarate bersama warga yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Kebahagian pun dirasakan oleh salah satu penerima bantuan Bapak Isman Warga Kelurahan Lasoani Yang merasakan kebahagiaan dengan mendapat bantuan listrik gratis dari PLN. 

"ini adalah berkat dari Tuhan, selama ini kami hanya menggunakan lampu pelita seadanya sebagai sarana penerangan, namun dengan adanya listrik ini akan membantu kami dalam beraktifitas, terima kasih PLN yang telah membantu kami masyarakat yang kurang mampu dengan pemasangan listrik gratis dirumah kami." ungkap Isman.

Berdasarkan data Penyambungan Listrik ini Guna mendukung Rasio Elektrifikasi (RE) Provinsi Sulawesi Tengah di tahun 2020, tercatat awal tahun 2020 RE Provinsi Sulawesi Tengah masih 97,73 persen dan ditarget pada akhir tahun 2020 adalah 99.99 persen.

Maka PLN Terus berupaya untuk mencapai target tersebut dengan berbagai upaya dan dukungan dari semua pihak termasuk melalui program PLN Peduli ini, sehingga visi 75/100 yaitu pada hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-75 tahun, Rasio Elektrifikasi sudah mencapai angka 100 persen.

PLN terus berkomitmen Meningkatkan RE selain Penyambungan Listrik Gratis melalui CSR, PLN juga gencar melakukan sosialisasi mendorong masyarakat yang belum berlistrik untuk menjadi pelanggan PLN, dengan aktif mendatangi desa- desa yang baru teraliri listrik oleh jaringan listrik desa.

Pada Kesempatan ini juga tak lupa Tim PLN Peduli terus memperkenalkan New PLN Mobile yang PLN sediakan untuk kemudahan pelanggan dalam berhubungan dengan PLN. 

Dengan PLN Mobile pelanggan dapat mengetahui posisi petugas dalam penanganan gangguan yang dilaporkan, dan pelanggan pun dapat menghubungi PLN dengan dengan pilihan chat PLN123, telp menggunakan VoIP (Tanpa menggunakan Pulsa Telepon, melainkan Paket Data), atau telp CC123 dengan kode area kota masing-masing, dan kedepan New PLN Mobile dapat juga digunakan untuk transaksi pembayaran, pelanggan dapat mendownload PLN Mobile di Playstore dan Appstore.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024