Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey akan mendorong optimalisasi peranan rumah sakit di kabupaten dan kota di provinsi itu dalam penanganan pasien COVID-19.

“Kita harus siap betul makanya kita anjurkan rumah sakit daerah di Sulut akan ditingkatkan menjadi rumah sakit COVID-19," kata dia di Manado, Selasa.

Bila hal itu dilakukan, kata dia, pasien umum akan diarahkan perawatannya ke rumah sakit swasta yang lain, sedangkan rumah sakit pemerintah untuk penanganan pasien COVID-19.

Selain rumah sakit pemerintah, kata dia, pemerintah provinsi setempat sudah mengajak beberapa rumah sakit swasta menyediakan tempat perawatan pasien COVID-19.

"Ada rumah sakit yang akan dibuka dalam minggu-minggu ini di Tateli, mereka sudah siap menampung. Begitu juga dengan rumah sakit Siloam," ujarnya.

Gubernur Olly Dondokambey juga mendorong semakin banyak fasilitas kesehatan yang menyediakan laboratorium PCR.

"Semakin banyak laboratorium PCR akan semakin mempercepat upaya mendeteksi masyarakat yang terdampak COVID-19," kata dia.

Akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Sulut meningkat menjadi 354 orang sejak kasus positif pertama diumumkan pertengahan pada Maret 2020.

Pada Selasa ini, provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu ketambahan 15 kasus baru.

Dari akumulasi kasus positif COVID-19 tersebut, 259 orang dalam perawatan, 39 orang dilaporkan meninggal, dan 56 orang dinyatakan sembuh.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024