Manado (ANTARA) - PLN UIW Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) bekerja sama dengan Dinas Sosial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Sulut.

"PLN menggali kerja sama CSR Community Development TALIS (Tabung Listrik) bersama Dinas Sosial Provinsi Sulut ," kata Senior Manager SDM & Umum Galih Chrissetyo di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan PLN terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam perencanaan program CSR & PKBL PLN ditahun 2021 yang akan disinergikan dengan program Dinas Sosial sebagai Stakeholder yang menangani terkait isu-isu kemanusiaan dan juga dari pihak PLN mengagendakan pemberian bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid19 melalui Dinas Sosial. 

Pihak PLN diberikan kesempatan untuk memaparkan materi terkait rencana pengembangan CSR dan Bina Lingkungan yang telah dipersiapkan untuk rencana program ditahun 2021. 

PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo telah menyiapkan dan merencanakan konsep program CSR dan PKBL ditahun depan dan tetap fokus juga pada eksekusi program ditahun ini. 

Oleh sebab itu, PLN membutuhkan sinergi dengan seluruh Stakeholder terkait agar supaya program-program tersebut dapat tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat dan daerah Provinsi Sulawesi Utara itu sendiri.     



“Memang kami telah mempersiapkan lebih awal program yang akan kami laksanakan ditahun depan, karena kami menyadari dengan perencanaan yang matang maka semuanya dapat berjalan dengan baik. Untuk mendukung program yang ada di Dinas Sosial sendiri tentunya kami memerlukan masukan program apa yang dapat disinergikan bersama. Kami berikan contoh terkait dengan program sambungan listrik gratis, program ini merupakan salah satu dari beberapa program CSR & PKBL yang berorientasi pada bisnis inti perusahaan kami," jelasnya. 

Untuk Sulawesi Utara sendiri mungkin masih ada beberapa daerah yang belum teraliri listrik, apalagi untuk daerah kepulauan. 

"Kami sedang menjajaki kemungkinan implementasi CSR TALIS atau Tabung Listrik, Kami rasa program-program seperti ini sangatlah baik dalam mendukung peningkatan perekonomian keluarga dengan memanfaatkan listrik untuk usaha," katanya.

Serta, katanya, meningkatkan rasio elektrifikasi menuju 100 persen RE, didaerah Kepulauan, serta juga untuk CSR Penyambungan Listrik Gratis masyarakat dapat terbantukan dalam hal biaya penyambungan, instalatir, dan penyediaan sertifikat laik operasi (SLO).

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara dr Rini Tamuntuan pun menaruh apresiasi kepada pihak PLN untuk inisiasi awal yang telah dilakukan, meskipun perencanaan program tersebut nanti akan dieksekusi ditahun 2021. 

“Terima kasih kami sampaikan kepada pihak PLN yang telah mempercayakan kami Dinas Sosial sebagai salah satu Stakeholder untuk mendukung jalannya program CSR terlebih khusus terkait program-program yang selaras dengan yang terkait tanggungjawab kami yaitu program dengan isu-isu kemanusiaan," kataya.

Memang, katanya, ada beberapa program kami yang membutuhkan dukungan dari pihak eksternal seperti program pembangunan rumah sederhana dengan belum teraliri listrik, program pemberdayaan masyarakat difabel dan lansia, program bantuan bencana alam, program usaha bersama, dan juga beberapa program lainnya. 

Dia mengatakan pihaknya, tentunya sangat berterima kasih jika PLN dalam hal ini sebagai salah satu BUMN ingin membantu pemerintah dalam melakukan eksekusi program-program tersebut.

Adapun untuk program CSR dan PKBL PLN di tahun 2020 dan perencanaan tahun 2021 lebih banyak terkait program yang mempunyai kebermanfaatan yang berlanjut 2 sampai 3 tahun kedepan bahkan lebih dari itu, oleh sebab itu memang harus dipersiapkan dengan matang program-program yang sudah disiapkan, agar eksekusinya dapat berjalan lancar.

Sebagai salah satu tindak lanjut pertemuan tersebut, kedua pihak baik itu PLN dan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara sepakat untuk melakukan pertemuan intens terkait dengan pembahasan program yang sudah disiapkan PLN agar dapat selaras dengan perencanaan yang ada di Dinas Sosial.

Saat ini PLN, memiliki New PLN Mobile yang PLN sediakan untuk kemudahan pelanggan dalam berhubungan dengan PLN. Dengan PLN Mobile pelanggan dapat mengetahui posisi petugas dalam penanganan gangguan yang dilaporkan, dan pelanggan pun dapat menghubungi PLN dengan dengan pilihan chat PLN123, telp menggunakan VoIP (Tanpa menggunakan Pulsa Telepon, melainkan Paket Data), atau telp CC123 dengan kode area kota masing-masing, dan kedepan New PLN Mobile dapat juga digunakan untuk transaksi pembayaran, pelanggan dapat mendownload PLN Mobile di Playstore dan Appstore, tambahnya.

PLN melalui Senior Manager SDM & Umum Galih Chrissetyo memberikan secara simbolis bantuan melalui program PLN Peduli dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Sosial dr Rini Tamuntuan yaitu pemberian bantuan sembako dengan jumlah 150 (seratus lima puluh) paket sembako. 

Untuk bantuan sembako ini tentunya akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid19 dan penyalurannya melalui Dinas Sosial.


 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024