Manado (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) menyiagakan sebanyak 1.670 personil untuk memastikn kehandalan pasokan listrik pada Idul Fitri 1441 H tahun 2020.

"Hari Raya Idul Fitri yang dinanti akan tiba, meskipun tradisi Mudik dan Silaturahmi tidak bisa dilakukan dengan himbauan jaga jarak di tengah Pandemi Covid 19, namun PT PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo tetap siaga menjaga pasokan Listrik pada Idul Fitri 1441 H," kata

General Manager PLN Suluttenggo, Christyono di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan sebanyak 1.670 Personel Siaga yang tersebar di 7 UP3 dan 1 UP2D yang diterjunkan di seluruh wilayah kerja PLN UIW Suluttenggo yang meliputi 3 propinsi propinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan propinsi Gorontalo.

Dia mengatakan pengamanan pasokan listrik sudah dimulai H-7 hingga H+7 Idul Fitri, selama rentang waktu 18 Mei hingga 2 Juni 2020 para petugas PLN yang bersiaga ini, tentunya sudah dilengkapi dengan APD dan protokol keamanan Covid-19.

Ia mengatakan terdapat 197 posko, Genset 84 unit, Unit Gardu Bergerak {UGB} 64 Unit, UPS 10 unit, 141 unit mobil gangguan, 172 motor pelayan teknik, 6 mobil cran dan material pendukung lainya, semuanya disiapkan untuk kelancaran pelayanan kepada pelanggan dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1441 H, terang Christyono.

Secara keseluruhan,  kondisi Pasokan Listrik Di Sulawesi Utara dan Gorontalo Aman dan sangat mencukupi mengingat terdapat cadangan daya mencapai 129, 03 MW, Sedangkan Kondisi Kelistrikan di Wilayah Sulawesi Tengah, terdapat cadangan daya sebesar 57,76 MW dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Hal ini pun didukung dengan petugas yang bersiaga 1x24 Jam, serta upaya pemeliharaan jaringan secara intensif 1 bulan terakhir diseluruh wilayah kerja PLN UIW Suluttenggo, untuk memastikan kehandalan jaringan dan pasokan tenaga listrik mampu memberikan pelayanan optimal kepada seluruh pelanggan, ujar Christyono

Sebelum bertugas, katanya, masing-masing unit menggelar apel gelar pasukan dan gelar peralatan yang bertujuan untuk mengecek kelayakan dan kelengkapan peralatan sebelum terjun ke lapangan, sehingga dapat digunakan secara maksimal oleh petugas.

“Dengan adanya posko siaga ini, semoga masyarakat yang sedang dirumah dan menjalankan ibadah merasa aman dan nyaman," pungkas Christyono.

Untuk memudahkan layanan informasi bagi masyarakat, hanya dengan mendownload Aplikasi PLN Mobile dari Playstore/AppStore, maka masyarakat langsung mendapatkan informasi dari fitur-fitur seperti cek tagihan dan riwayat token; permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara; cek status pengaduan dan permohonan; informasi tarif listrik terkini, dan telepon contact center PLN 123 dengan voice over internet protocol (VoIP) dengan menggunakan Pulsa Data Tanpa Pulsa telepon.



 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024