Manado (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII menyalurkan bantuan modal usaha Program Kemitraan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di tengah pandemi virus corona penyebab COVID-19 sebesar dua miliar rupiah.

"Bantuan modal yang disalurkan sebesar Rp2 miliar bagi 41 mitra binaan. Penyerahan bantuan dilakukan di Manado secara bertahap sejak pekan kedua Mei 2020," kata Unit Manager Communication & CSR MOR VII, Hatim Ilwan di Manado, Kamis.

Dari 41 pelaku UMKM tersebut, katanya, sebanyak 27 orang berasal dari Kota Manado. Sedangkan sisanya berasal dari Minahasa sebanyak delapan orang, empat orang dari Kabupaten Bolmong dan 2 orang dari Kota Tomohon.

Sektor usaha mereka pun beragam, katanya, mulai dari sektor perdagangan, jasa, perikanan, peternakan hingga industri rumahan.

Dia menjelaskan, sebelum dilakukan penyaluran bantuan modal, pelaku UMKM tersebut telah melalui tahap survei usaha oleh petugas dari Pertamina.

Penyaluran bantuan modal ini, lanjut Hatim, tetap memperhatikan standar keamanan dan kesehatan Covid-19 dimana dalam prakteknya meminimalisir kontak secara langsung maupun pengumpulan massa.

"Sosialisasi cara pembayaran maupun pengisian kelengkapan dokumen dilakukan secara daring atau online," lanjutnya.

Tahun 2020 ini, Pertamina MOR VII menargetkan penyaluran bantuan modal usaha bagi pelaku UMKM di wilayah Sulawesi sebesar Rp16 miliar.

Sampai dengan bulan Mei 2020, Pertamina MOR VII telah menyalurkan bantuan modal sebesar Rp 3,045 miliar kepada 67 orang pelaku UMKM di Provinsi Sulawesi Selatan dan Gorontalo.

Pelaku UMKM merupakan salah satu kelompok yang terdampak sangat besar akibat pandemi COVID-19. Banyak dari mereka harus gulung tikar atau banting setir ke usaha lainnya agar tetap bisa berpenghasilan.

Dengan tetap melakukan penyaluran bantuan modal walaupun di tengah keterbatasan, Pertamina ingin mengajak semua pelaku UMKM untuk terus kreatif dan inovatif agar usaha yang mereka jalankan tidak tumbang

"Bantuan modal Program Kemitraan Pertamina terbuka sepanjang tahun 2020 ini. Kami membuka kesempatan bagi seluruh pelaku UMKM di Sulawesi untuk dapat melakukan pengajuan proposal bantuan modal dengan syarat-syarat yang bisa dilihat di website Pertamina dengan alamat www.pertamina.com/id/pkbl," kata Hatim.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024