MAnado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung mendorong masyarakat untuk menanam kebutuhan pangan untuk bertahan di tengah pandemi virus corona jenis baru atau COVID-19 yang saat ini terjadi di seluruh dunia.

"Saya secara pribadi dan pemerintah mendorong masyarakat yang saat ini bekerja, belajar dan beribadah di rumah, agar memanfaatkan pekarangan yang ada untuk menanam bahan pangan, agar tidak lagi ke pasar," kata Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri di Bitung, Senin (18/5).

Pihaknya mengaku bangga melihat bibit cabai atau rica yang disumbangkan ke petani kini mulai menghasilkan.

Maurits mengatakan bibit cabai itu disumbangakan sekitar Januari 2020 ke sejumlah petani di wilayah perkebunan Waleleng Pinokalan, Kecamatan Ranowulu. Ia bersama Wakil Ketua TP PKK Ny Rita Mantiri Tangkudung telah datang ke lokasi meninjau tanaman warga itu.

“Saya sangat bangga, bantuan bibit rica yang saya bagikan dulu kini sudah beberapa kali panen dan sangat membantu keluarga petani dengan hasil panen ini,” kata wakil wali kota.

Ia menyatakan, tanaman yang disumbangkan itu sudah beberapa kali panen dan para petani mengaku telah mendapat keuntungan sebesar Rp5 juta ditambah bibit baru dari hasil persemaian bibit bantuan.

Ia juga mmeotovasi para petani agar tidak hanya menanam rica, tapi juga tanaman ekonomis lainnya, seperti jagung, batang bawang, bawang merah serta jahe.

“Tujuannya agar petani di sela menunggu panen rica juga bisa memanen jagung dan tanaman lainnya sehingga penghasilan keluarga petani bisa bertambah,” katanya.

Dirinya juga menyatakan, bantuan bibit rica pada Januari lalu diberikan kepada sekitar 50 petani di Kota Bitung yang tersebar dari Pulau Lembeh hingga  Kecamatan Ranowulu.

“Saya berharap petani yang lain juga sudah menikmati bibit rica, seperti para petani di Waleleng,” katanya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024