Manado (ANTARA) - Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Penyebaran COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel mengatakan, laboratorium pemeriksaan COVID-19 akan beroperasi pada Jumat (1/5) mendatang.

"Walaupun hari libur, tetapi kita akan mulai melaksanakan pemeriksaan real time PCR COVID-19," ujar dr Steaven di Manado, saat update penyebaran COVID-19 Sulut di Manado, Selasa.

Pada hari ini, terkonfirmasi dari koordinator laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pencegahan Penyakit bahwa semua alat sudah ter-setting di dalam ruangan.

Besok akan running test, Kamis dilaksanakan 'dummy sample' dan per 1 Mei dilaksanakan pemeriksaan sesungguhnya COVID-19. 

dr Steaven menjelaskan, di provinsi ujung utara Sulawesi ini ada dua lokasi yang ditetapkan sebagai laboratorium pemeriksaan COVID-19.

Selain laboratorium BTKLPP Mapanget, satunya lagi adalah RSUP Prof RD Kandou.

"Kita juga nanti akan memberitahukan kabar terbaru terkait kapan beroperasinya laboratorium COVID-19 yang ada di RSUP Kandou," ujarnya.

Dia menyebutkan, khusus laboratorium COVID-19 di RSUP Kandou masih menunggu reagen-reagen (pereaksi kimia) yang sedang dalam pengiriman.

Sementara secara fisik, peralatannya serta unit laboratoriumnya sudah siap dan tinggal di-setting.

"Mohon doa restu dari seluruh masyarakat Sulut agar laboratorium PCR ini bisa beroperasi sehingga kita tidak lagi mengirim sampel untuk diperiksa di luar provinsi," ujarnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024