Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas melakukan video conference (vicon) dengan tiga calon pejabat Asisten Danlantamal VIII.

Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (KH) Suamel Pontoh di Manado, Jumat, mengatakan kegiatan tersebut berlangsung di Markas Komando (Mako) Lantamal VIII, Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru Paal Dua, Manado.

Ketiga calon Asisten Danlantamal VIII masing-masing Asisten Perencanaan dan Anggaran Letkol Laut (P) Bambang Joko Prayitno, Asisten Logistik Letkol Laut (T) Ahmad Sahur dan Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Letkol (Mar) Hendy Dwi Bayu Ardiyanto.
Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka perkenalan ketiga calon pejabat tersebut dengan Danlantamal VIII yang tidak bisa dilakukan secara langsung.

Dikarenakan ketiga pejabat tersebut datang dari luar daerah Manado, sehingga harus mengikuti prosedur pencegahan COVID-19 dengan melakukan karantina mandiri selama 14 hari di rumah sebelum dilaksanakan serah terima jabatan secara resmi.

Ia mengatakan, pada saat vicon itu, Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas  menyampaikan tentang gambaran umum terkait Lantamal VIII sebagai satuan kewilayahan, satuan operasi dan satuan pelaksana dukungan.

Dengan memiliki tugas pokok menyelenggarakan dukungan tempur, dukungan logistik, dukungan administrasi maupun dukungan khusus bagi unsur-unsur TNI AL (kapal, pesawat udara dan marinir), melaksanakan operasi, dan melaksanakan pemberdayaan potensi maritim dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki pangkalan sendiri maupun sarana dan prasarana instansi terkait di wilayah.

Danlantamal, juga menyampaikan tugas masing-masing asisten kepada ketiga calon Asisten Danlantamal VIII dengan harapan ketiga calon tersebut dapat melaksanakan tugas tersebut dengan penuh tanggung jawab demi kemajuan Lantamal VIII secara khusus dan TNI AL secara umum.

Pada akhir vicon itu, Danlantamal memberikan beberapa penekanan yang harus dipedomani saat menjabat sebagai Asrena, Aslog, dan Aspotmar Danlantamal VIII, diantaranya tingkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa secara pribadi dan selalu upayakan peningkatan kualitas keimanan anggota sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.

Hasilkan kinerja yang optimal bagi organisasi berkaitan dengan pelaksanaan tugas pokok, lakukan inovasi dan kreasi sehingga dapat hasilkan kinerja yang optimal bagi organisasi berkaitan dengan tugas pokok.

Mantapkan kordinasi baik vertikal maupun horisontal serta susun pola kerja yang efektif dan efisien sesuai tuntutan organisasi serta ciptakan selalu iklim kebersamaan, kekeluargaan dan kerja sama yang harmonis di lingkungan staf.

Turut mendampingi Danlantamal VIII pada saat itu Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo serta sejumlah pejabat utama Lantamal VIII.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024