Manado (ANTARA) - Proses pelaksanaan seleksi penerimaan Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) bidan dan perawat, dilaksanakan Polda Sulawesi Utara (Sulut) melibatkan pengawas eksternal yakni lembaga swadaya masyarakat(LSM)

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abast, di Manado, Selasa, mengatakan pelaksanaan penerimaan tersebut selain melibatkan pengawas internal dari kepolisian juga pengawas eksternal LSM.

"Keterlibatan pengawas eksternal tersebut antara lain sebagai wujud transparan pelaksanaan penerimaan tersebut," katanya.

Ia mengatakan dalam seleksi penerimaan calon anggota Polri termasuk Bakomsus mengedepankan  prinsip Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis atau BETAH.

Sebanyak 13 calon siswa Bakamsus mengikuti Tes Kompetensi Keahlian (TKK) aspek keterampilan dan perilaku.

Pada tes diikuti delapan  pria dan lima wanita tersebut,  peserta  diuji satu per satu oleh tim penguji dengan materi ujian di antaranya, mulai dari penyiapan tempat tidur pasien, kemudian pengetahuan tentang nama, jenis dan fungsi berbagai alat kesehatan hingga sikap dan perilaku melayani pasien.

Sebelumnya pada Senin (13/4) calon siswa penerima Bakomsus Polda Sulut  menjalani TKK, dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), di ruang Assessment Center Polda Sulut yang berada di kompleks Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulut Manado.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024