Manado (ANTARA) - Ibadat penghormatan salib Jumat Agung  dipimpin Uskup Manado, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC dari Gereja Katedral Manado,  diperkirakan diikuti  lebih 20 ribu umat Katolik dari rumah mereka masing-masing.

Angka ini berdasarkan hitungan,  Facebook  6.000 orang melihat, serta Youtube lebih 2.500 orang, belum lagi dengan siaran langsung Radio Montini. Angka ini dikalikan dengan perhitungan rata-rata dari jumlah anggota keluarga menyaksikan dari rumah sekitar 3-4 orang. 

Uskup Manado dalam kesempatan tersebut  memberikan penguatan kepada Umat Katolik di tengah ancaman virus corona yang sedang melanda dunia dan daerah ini termasuk umat sendiri dalam Ibadah Penghormatan Salib- Jumat Agung.
  Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC
"Ditengah-tengah ancaman virus kita bergabung dengan banyak orang untuk berjuang, kita bersama dengan orang yang mungkin bertanya Tuhan ada dimana. Dan ini juga dialami Yesus dengan berseru Ya Bapa mengapa engkau meninggalkan aku. Tetapi percaya Tuhan akan membalikkan tragedi kesengsaraan, karena itu sudah dimulai oleh Yesus sendiri, dan ditunjukkannya pada kebangkitannya nanti pada Pesta Paskah,"kata Uskup Rolly dalam Ibadah Penghormatan Salib Jumat Agung berlangsung secara live streaming melalui facebook dan youtube serta siaran Radio Montini FM, Jumat.

Uskup mengatakan Jumat agung merupakan "good friday", hari jumat yang baik karena apa, ini memberikan kepada kita harapan. Harapan sebagaimana yang ditunjukkan Yesus. Dengan kematiannya memberi kehidupan.  Ya Bapa kedalam tanganmu keserahkan nyawaku. Dia menyerahkan dirinya kepada bapa, dan juga Roh-nya kepada gereja.

"Yesus telah menunjukkan cintanya yang istimewa kepada kita. Yesus menunjukkan kepada kita dia menguasai dirinya,  meski rupa-rupa cercaan dia tetap tenang, malah dari mulutnya keluar kata-kata "Ya Bapa Ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." kata Uskup.
  Ibadat Jumat Agung dari Gereja Katedral Manado, Jumat (10/4) (1)   Penghormatan Salib (1)
Perayaan Jumat Agung juga menunjukkan kepada kita tentang kejujuran.  "Dia jujur mengatakan kebenaran, yakni kebenaran dari atas bukan kebenaran dari dunia ini.
,dengan cara ini dia menunjukkan komitmennya kepada kita untuk menyelamatkan umat manusia," kata Mgr Rolly.

Dalam ibadat penghormatan Salib Yesus, umat katolik melalui doa umat meriah mendoakan agar Allah Bapa memberi kesehatan kepada orang sakit, kekuatan kepada orang yang merawat mereka, penghiburan bagi keluarga dan keselamatan bagi semua korban.  
  Sekretaris Keuskupan Manado, Pastor Johny Montolalu PR saat membacakan Doa Meriah (1)

 

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024