Manado (ANTARA) - Wali Kota Manado, Dr. Vicky Lumentut, menegaskan, kepada seluruh warga Manado harus mematuhi langkah pencegahan penularan COVID 19, mulai dari tetap di rumah, karena sekarang pasien positif bertambah jadi delapan orang. 

"Sesuai dengan ketentuan WHO, saya harus terus menegaskan dan mengingatkan warga agar tetap di rumah saja, bekerja dari rumah, ibadah dari rumah, belajar dari rumah, jika terpaksa keluar rumah jaga jarak jangan bersentuhan dan gunakan masker, saat kembali mandi keramas dan pakaian dicuci, serta selalu cuci tangan pakai sabun," kata Vicky di Manado, Selasa. 

Dia mengatakan, sekarang berdasarkan data resmi dari Dinkes di Sulawesi Utara, pasien positif sudah bertambah, maka untuk memutus rantai penyebaran semua harus patuh dengan ketentuan yang ada. 

Menurut Wali Kota Vicky, saat ini demi memutus rantai penyebaran serta melindungi masyarakat, pemerintah Manado sudah membuat berbagai kebijakan mulai meliburkan siswa, para ASN hingga membatasi operasional pasar serta tempat usaha. 

"Namun semuanya tidak akan maksimal, jika masih banyak yang membandel dengan terus keluar rumah tanpa ada keperluan mendesak dan sengaja tak mematuhi social distancing," katanya. 

Sebab itu dia mengatakan, akan terus mengingatkan seluruh masyarakat Manado, supaya patuh, demi keselamatan diri dan kenyamanan keluarga masing-masing. 

Dia menegaskan juga, pemerintah pun bahkan sudah menganggarkan dana untuk membantu masyarakat Manado yang terdampak COVID 19, maka warga jangan lagi memanfaatkan kesempatan untuk jalan-jalan dengan alasan cari kebutuhan pokok. 

"Ingatlah jika anda mematuhi semuanya, maka bukan hanya melindungi diri, tetapi juag semua orang yang ada di sekitar anda termasuk keluarga dan orang-orang yang dikasihi," katanya. 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024