Manado (ANTARA) - Pesawat TNI AU Hercules C-130 A-1316 dari Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh Malang yang berangkat dari Halim Perdana Kusuma dan mengangkut bantuan pemerintah pusat terdiri alat pelindung diri (APD) serta masker, kembali tiba di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado, Minggu.

Dari rilis yang diterima, Komandan Lanudsri Kolonel Pnb Johnny Sumaryana mengatakan bantuan ini sudah yang kedua kalinya.

"Jika yang pertama menggunakan pesawat TNI AU CN-295 A-2907 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim, untuk yang saat ini menggunakan Hercules C-130 A-1316 dari Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh Malang," katanya.

Ia mengatakan TNI AU melalui Lanud Sam Ratulangi mendukung pemerintah untuk percepatan penanggulangan dan memutus mata rantai penyebaran wabah COVID-19.

"Kami membantu mendistribusikan APD dan masker yang digunakan untuk keperluan para tenaga medis dalam menangani dan merawat pasien yang terpapar COVID-19.

Pada saat itu Komandan Lanudsri Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, menandatangani berita acara serah terima barang kesehatan berupa APD sejumlah 80 koli dan masker 10 koli, yang diterima Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara.

Setelah diterima, oleh pihak BPBD dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, APD dan masker yang diterima dari pemerintah pusat tersebut langsung diangkut dengan menggunakan mobil milik Dinas Kesehatan Provinsi Sulut.

Sementara itu, setelah tiba di Lanudsri, seluruh Crew pesawat langsung diperiksa kesehatan dan dicek suhu tubuhnya, serta seluruh barang yang diturunkan dari pesawat disemprot dengan cairan disinfektan.

Proses bongkar muat alat kesehatan APD dan masker ini, langsung mendapat pengawasan dari Komandan Lanudsri beserta para perwakilan Forkopimda yang hadir.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024