Manado (ANTARA) - Juru bicara pemerintah pencegahan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan mulai hari ini semua wajib pakai masker, terutama saat keluar rumah, karena melihat penambahan pasien COVID masih sangat tinggi. Hari  bertambah 181 orang sehingga kasus positif menjadi 2.273 orang, yang meninggal bertambah tujuh orang sehingga total 198 orang dan yang sembuh 14 orang , total sembuh 164 orang,  total sampel yang sudah dites baik di pusat maupun daerah sebanyak 9,712.

"Saling mengingatkan kalau ada yang tidak gunakan masker, begitu juga tunda bepergian termasuk ke rumah suadara, teman dan lainnya, gunakan saja media berkomunikasi,  kita harus melindungi diri kita sendiri dan siapapun," kata Achmad di Jakarta, Minggu.

Semua harus menggunakan masker, karena kita  tidak pernah tahu yang di luar terjangkit atau tidak. Apalagi sering justru orang  tanpa gejala yang jadi sumber penyebar penyakit, karena itu gunakan masker saat keluar rumah, tetapi penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam, kemudian dicuci.

Achmad mengatakan untuk menghentikan penyebaran virus ini, kuncinya adalah disiplin, kita harus jadi pahlawan melindungi diri kita sendiri dan keluarga kita, serta orang lain.

Diberikan apresiasi pada keluarga yang telah patuh dan disiplin untuk tetap tinggal di rumah, karena ini yang paling penting, saling melindungi agar kemudian tidak ada anggota keluarga yang tertular, karena perlu diingkat keluarga adalah basis pencegahan dan penyebaran juga.

Berikan suasana gembira di rumah, manfaatkaan waktu dengan tetap menjaga imunitas, makanan yang sehat dan bergizi dan kesempatan baik beribadah dan berdoa dan berkomunikasi dengan keluarga, disampaing tetap produktif dari dari rumah, makin banyak keluarga sehat maka maka  masyarakat semakin kuat.

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024