Tomohon (ANTARA) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara melakukan sejumlah langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa itu.

"Pertama, kita menyediakan fasilitas tempat cuci tangan di tempat-tempat keramaian seperti terminal, pasar, pusat kota dan lainnya oleh BPBD dan perangkat daerah atau instansi terkait lainnya," ujar Wali Kota Jimmy F Eman di Manado, Rabu.

Selanjutnya, melakukan langkah penyemprotan dengan cairan desinfektan di pusat-pusat keramaian atau pelayanan umum. 

Paling penting juga, sebut Wali Kota adalah membatasi atau meminimalisasi pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Pemerintah kota juga terus melakukan sosialisasi bahaya Covid-19 serta upaya antisipasi dan penanganannya, katanya. 

"Yang harus dilakukan juga saat ini adalah bagaimana menciptakan masyarakat agar tetap tenang dan tidak takut atau panik," katanya.

Hal itu dilakukan dengan membangun persepsi bahwa negara dan pemerintah benar-benar hadir untuk mengayomi masyarakat. 

"Kita tetap mengajak masyarakat mengedepankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan konsumsi makanan bergizi dan vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh," ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu menegaskan, Pemerintah Kota Tomohon serius dan optimistis mampu menangani penyebaran Covid-19.

"Kita mengikuti protokol penanganan Covid-19, serta menetapkan juru bicara penganan Covid-19 satu pintu di Dinas Kesehatan," sebutnya.*

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024