Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Royke Lumowa mengunjungi sejumlah daerah di wilayah tersebut untuk memantau kondisi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Dan yang tak lazim, kendaraan Kapolda  Royke, berada di depan motor pengawalnya.

"Kunjungan itu antara lain untuk lebih mengenal daerah di Sulut," kata Kapolda, di Manado, Jumat.

Sebelumnya pada Rabu (11/3) Kapolda mengunjungi Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Kamis (12/3) mengunjungi Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Kotamobagu.

Kapolda mengatakan saat mengunjungi Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara melewati sejumlah daerah di Sulut seperti Kota Tomohon, Sonder dan Kawangkoan Kabupaten Minahasa.

Sementara ke Kota Kotamobagu melewati sejumlah wilayah di Minahasa Selatan seperti Motoling, Modoinding.

Saat berada di wilayah-wilayah tersebut juga menyapa masyarakat lebih dekat seperti yang berada di warung-warung, toko, tempat ojek maupun lainnya.

Kemudian memberikan dukungan kepada kapolres yang ada untuk tetap semangat dalam penertiban terhadap penambangan ilegal yang dilakukan pengusaha dengan menggunakan alat berat.

"Penambangan ilegal dilakukan pengusaha dengan menggunakan alat berat menjadi prioritas untuk diproses," katanya.

Ia menambahkan sementara penambangan tradisional yang dilakukan oleh masyarakat diberikan sosialisasi.

Ia mengatakan dalam kunjungan tersebut, juga melatih kekompakan anggota personel.

Dalam kunjungan itu, sengaja membawa anggota banyak, dengan menggunakan sepeda motor.

"Saya di depan dan mereka di belakang, ini dimaksudkan untuk mengatur kecepatan. Personel diajarkan dengan menggunakan sepeda motor dinas untuk tidak saling melambung dengan kecepatan, jagalah keselamatan," katanya.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024