Manado (ANTARA) - Turnamen bulu tangkis All England 2020, hari ini, Sabtu(14/3) memasuki babak semi final. Tim Indonesia meloloskan dua pasangan yakni ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan ganda campuran  Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. 

Kevin/Marcus lolos ke semi final usai mengalahkan ganda putra andalan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik  21-17,21-19, sementara Praveen/Melati membuat kejutan besar sebab meski kalah di gim pertama, dan tertinggal jauh di gim kedua, akhirnya bisa mengejar ketinggalan dan kemudian menang tiga gim atas pasangan peringkat dua dunia asal China, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping 15-21, 21-19, 21-19.

Dengan demikian kedua pasangan tersebut, menjadi wakil Tim Indonesia yang tersisa di turnamen tertua  berlangsung di Inggris tersebut.

Di partai semi final,  Kevin/Marcus ditantang ganda putra Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin. Pertemuan kedua pasangan tersebut sudah terjadi dua kali pada tahun 2019, dengan kemengan Kevin/Marcus masing-masing 2-0. Pada plaf of Piala Sudirman Kevin/Marcus menang 21-17,21-17 dan Malaysia Terbuka 2019 dimana saat itu Kevin/Marcus menang 21-13,21-12.

Capaian skor kemenangan dua gim, menunjukkan kualitas peringkat satu dunia tersebut, apalagi tren permainan Kevin/Marcus  semakin baik dengan semangat juang  tinggi  tingkat permainan mulai kembali saat masa jaya dulu, dimana tak satu pun ganda di dunia yang mampu menghentikan kedua pasangan Indonesia tersebut.

Sementara Praveen/Melati akan ditantang andalan tuan rumah, yang penampilan mereka semakin baik Marcus Ellis/Lauren Smith. Kedua pasangan tersebut  baru satu kali bertemu yakni pada enam belas besar Korea Open 2019. Saat itu Praveen/Melati unggul dua gim, tetapi dengan angka sangat ketat 24-22 dan 23-21.

Tetapi melihat penampilan Praveen/Melati saat mengalahkan pasangan nomor dua dunia dari China Wang/Huang, maka bukan tidak mungkin mereka mampu membawa kejayaan Indonesia sebagaimana ditunjukkan saat pasangan itu menjuarai Denmark Open 2019 dan Prancis Open 2019, meskipun mereka harus mampu menaklukkan dukungan tuan rumah kepada Marcus/Smith.



 

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024