Manado (ANTARA) - Pasca banjir yang melanda Kabupaten Poso 3 Maret 2020, PLN terus berupaya menyalakan kembali aliran listrik di wilayah terdampak banjir di Desa Lengkeka, Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso.

Untuk mengidentifikasi gardu-gardu yang tergenang, Manager PLN UP3 Palu, Wardi Hadi dan Tim langsung turun lapangan melakukan inspeksi kondisi gardu dan kabel daerah dampak banjir dilokasi tersebut. 

Terpantau sampai dengan tanggal  7 Maret 2020, jumlah gardu terganggu tiga unit, dan status tiga unit sudah pulih dan beroperasi.

 Dari sisi pelanggan total 192, berhasil dilakukan recorvery 83 pelanggan, tersisa 109 pelanggan yang masih padam.

Tidak hanya itu, dari informasi yang diterima petugas PLN, banjir bandang yang terjadi telah mengakibatkan kerusakan rumah di daerah yang terkena dampak bencana dengan total rumah hanyut lima  unit, rumah rusak berat (RB) berjumlah 65 unit,  rusak ringan (RR) berjumlah 73 unit. Dengan total  pengungsi sebanyak 952 orang,  kondisi sekarang belum dapat menjalankan aktivitas sehari-hari.

General Manager PLN UIW Suluttenggo, Christyono mengungkapkan  saat ini petugas PLN berada di lapangan guna recovery jaringan listrik yang terdampak padam. Dikarenakan kerusakan yang terjadi akibat banjir,  membutuhkan waktu penanganan yang tidak sebentar. Dilengkapi dengan peralatan kerja yang mendukung serta tetap memperhatikan keselamatan kerja petugas dengan sigap melakukan penanganan dilokasi terdampak padam tersebut. Semoga kondisi kelistrikan segera normal.

Aliran listrik di rumah pelanggan akan dinyalakan kembali setelah penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga aman, tutup Christyono.

Pelanggan juga dapat menghubungi *Contact Center PLN 123* dalam keadaan darurat. Contact Center PLN 123 dapat diakses melalui telepon di (0431) 123, melalui Facebook di PLN 123, melalui Twitter di @pln_123, melalui email di pln123@pln.co.id, atau melalui aplikasi one-stop service, PLN Mobile, yang dapat diunduh di Google Playstore untuk Android atau App Store untuk iOS demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja, dengan optimalisasi layanan Voice Internet Protocol (VOIP) Layanan Telp dengan paket data yang jauh lebih hemat dan mudah.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024