Manado (ANTARA) - Masyarakat antusias mengunjungi stan DPR RI pada kegiatan Legislative SulutGo Ekspo ke-8 tahun 2020, yang digelar di Manado Town Square (Mantos)Manado, Sulut,  3-6 Maret 2020.

"Kehadiran stan DPR-RI disambut baik terlihat dari  banyaknya  pengunjung yang datang ke stan ini," kata Kabag Humas Setjen DPR RI Minarni, di Manado, Jumat.

Ia mengatakan bukan hanya masyarakat, tetapi juga anggota DPRD dari kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut) maupun Gorontalo, banyak yang datang. Para pengunjung stan ikut terlibat aktif dalam permainan atau games yang disajikan di stan ini. Masyarakat ataupun  pengunjung semuanya terkesan dengan ide-ide penyampaian informasi dengan cara menyenangkan.

"Mengharapkan pesan-pesan yang disampaikan melalui berbagai kegiatan di stan DPR pada Legislative SulutGo Ekspo dapat diterima masyarakat,"katanya.

Ia mengatakan keikutsertaan DPR RI pada Legislative SulutGo Ekspo tersebut merupakan yang keempat kalinya. Pengunjung stan DPR RI (ANTARA/Jorie Darondo) (1) Dari tahun ke tahun pengunjung yang datang ke stan DPR terus mengalami peningkatan
Pada tahun ini fokus kegiatan pada pameran ini adalah mengedukasi hal-hal baru terkait DPR RI periode 2019-2024.
Edukasi ini bertujuan untuk membangun pemahaman yang sama antara rakyat dan wakil rakyat.

Dalam pameran ini berbagai saluran dan cara keterlibatan masyarakat dalam berbagai pengambilan kebijakan juga disosialisasikan agar kendala jarak antara pusat dan daerah tidak menjadi hambatan dalam mengakomodasi aspirasi masyarakat.Metode penyampaian informasi  bersifat dua arah, dan melibatkan peran aktif pengunjung stan.

Melalui berbagai permainan edukatif dan interaktif seperti kuis kahoot yang berisi pertanyaan  seputar  kedewanan, ular tangga edukasi yang dimainkan secara interaktif dan teka teki silang yang dikemas semacam permainan mencari petunjuk.
Serta pemahaman "meet member's" yakni permainan pencocokan gambar dan profil anggota DPR yang berasal dari Daerah Pemilihan Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Seluruh jawaban dari pertanyaan yang disusun telah tersedia dalam berbagai materi edukasi yang dipajang di stan sehingga untuk dapat menjawab pengunjung akan mengedukasi diri dengan membaca dan  mencari informasi.

Legislative SulutGo Ekspo 2020  diikuti 14 DPRD kabupaten dan kota di Sulut dan Provinsi Gorontalo serta DPR RI



 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024