Manado (ANTARA) -  DPRD dari 14 kabupaten/ kota di Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo serta DPR- RI mengikuti pameran "Legislative SulutGo Ekspo" ke-8 tahun 2020 berlangsung tanggal 3-6 Maret 2020 di Manado .

"Melalui kegiatan  ini diharapkan  para wakil rakyat akan semakin dekat dengan rakyat," kata   Direktur Legislative Ekspo Janny Kopalit, di Manado, Rabu.

Kegiatan Legislative SulutGo Ekspo ini  juga menjadi ajang sosialisasi tentang tugas dan fungsi  serta program kerja dari  para dewan.
Ini juga menjadi "titik berat"  dari penyelenggara untuk memberitahukan  kepada masyarakat tentang tugas dan fungsi  dari pada wakil rakyat kepada masyarakat

"Tugas dan fungsi legislatif itu berbeda dengan  tugas dan fungsi dari eksekutif tetapi terkadang  rakyat tidak pernah tahu dan tidak mau tahu,  dan  beranggapan bahwa tugas dan fungsi  ketua dewan dan bupatinya sama, padahal berbeda. Nah ini perlu disosialisasikan," katanya."katanya. Pimpinan dan Anggota DPRD peserta Legislative SulutGo Ekspo (ANTARA/Jorie darondo) (1)   Dia mengatakan kegiatan ini juga menjadi tatap muka silaturahmi pimpinan  dan anggota dewan dari seluruh  kabupaten kota di Sulawesi Utara dan Gorontalo serta DPR RI.

Melalui kegiatan ini rakyat bisa datang ke stan-stan, bisa bertanya, menyampaikan aspirasi ke anggota dewan bersangkutan serta mengetahui program dari DPRD tersebut.

"Sebab pada stan-stan tersebut, DPRD, DPR RI memaparkan tugas dan fungsinya serta program-programnya," katanya.
Ia menambahkan dalam kegiatan ini juga menjadwalkan  talk show, serta studi banding di tempat.

Seperti DPRD salah satu kabupaten atau kota bisa berkunjung ke stan DPRD lain untuk berdialog atau tukar menukar informasi.

Belasan peserta yang ikut Legislative SulutGo Ekspo  yakni DPR RI, DPRD Kota Manado, DPRD Kotamobagu, DPRD Bolaang Mongondow, DPRD Minahasa Utara, DPRD Kabupaten Sangihe, DPRD Kabupaten Talaud, DPRD Kabupaten Sitaro.
DPRD Kabupaten Boalemo, DPRD  Bolaang Mongondow Utara, DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, DPRD Kabupaten Minahasa, DPRD Kabupaten Gorontalo, DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara dan DPRD Kota Bitung.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024