Manado (ANTARA) - DPR RI mengedukasi masyarakat dalam keikutsertaan pada pelaksanaan Legislative SulutGo Ekspo ke-8 tahun 2020 di Manado, 3-6 Maret.

"Fokus kegiatan pada pameran ini adalah mengedukasi hal-hal baru terkait DPR RI periode 2019-2024," kata Kabag Humas Setjen DPR RI Minarni, di Manado, Selasa.

Ia mengatakan edukasi ini bertujuan untuk membangun pemahaman yang sama antara rakyat dan wakil rakyat.

Penting bagi pengunjung untuk memahami tentang Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Prolegnas, Prolegnas prioritas, dan postur APBN agar pengunjung menjadi bagian masyarakat yang aktif terlibat dalam pembentukan kebijakan.

"Dalam pameran ini berbagai saluran dan cara keterlibatan masyarakat dalam berbagai pengambilan kebijakan juga disosialisasikan agar kendala jarak antara pusat dan daerah tidak menjadi hambatan dalam mengakomodasi aspirasi masyarakat," katanya. Kabag Humas Setjen DPRRI Minarni (ANTARA/Jorie Darondo) (1)
Ia mengatakan metode penyampaian informasi bersifat dua arah, dan melibatkan peran aktif pengunjung stan.

Melalui berbagai permainan edukatif dan interaktif seperti kuis kahoot yang berisi pertanyaan seputar kedewanan, ular tangga edukasi yang dimainkan secara interaktif dan teka teki silang yang dikemas semacam permainan mencari petunjuk. Juga pemahaman "meet member's" yakni permainan pencocokan gambar dan profil anggota DPR yang berasal dari Daerah Pemilihan Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Seluruh jawaban dari pertanyaan yang disusun telah tersedia dalam berbagai materi edukasi yang dipajang di stan sehingga untuk dapat menjawab pengunjung akan mengedukasi diri dengan membaca dan mencari informasi. "Fun Games" dimainkan dengan menerapkan "system reward".

"Pengunjung dapat menjawab pertanyaan akan mendapatkan sejumlah hadiah menarik seperti tumbler, power bank, flash disk, set alat makanan dan goodie bag," katanya.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024