Sitaro (ANTARA) - Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, Drs. John Palandung, MSi menghadiri Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020,  di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara,  Selasa.

Rapat Kerja yang dihadiri oleh Perwakilan Kementerian Keuangan, Kementerian Desa, BPKP Provinsi,Forkopimda Sulut, Kepala-Kepala Daerah, Kapolres, Kajari, Camat serta Kapitalau dari 15 Kab/Kota se-Sulut ini di buka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven Kandou dan selanjutnya oleh Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Bpk. DR. Moch Adrian Noviyanto.

Dirjen Binabangda Kemendagri ini menyampaikan bahwa Presiden RI, Bpk. Joko Widiodo dalam rapat terbatas menekankan agar penyaluran dana desa benar-benar efektif sehingga  dana desa dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat di pedesaan.
1. Pemanfaatan dana desa harus di mulai sejak awal tahun dan diutamakan pemanfaatanya melalui  program padat karya yang memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat miskin di desa.
2. Penggunaan dana desa diarahkan untuk menggerakan sektor produktif di tingkat desa. Mulai dari pengelolaan pasca panen, industri kecil budidaya perikanan, desa wisata dan industrialisasi pedesaan yangbmampu menjadi pengukit ekonomo desa.
3. Pengelolaan dan pemanfaatan dana desa harus dengan manajemen yang baik diikuti dengan pendampingan lapangan yang memadai sehingga pengelolaan dana desa semakin partisipatif, transparan dan akuntabel.

Turut hadir bersama Bapak Wakil Bupati dalam rapat kerja ini, Kaplores Sitaro, Kajari Sitaro, Inspektur Daerah Kab. Sitaro, Kaban Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Camat se-Kab. Sitaro serta Kapitalau se-Kab. Sitaro.

Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024