Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengingatkan warga agar mewaspadai gelombang setinggi 2,5-4,0 meter yang berpeluang terjadi di sejumlah perairan pada Rabu (26/5).

"Tinggi gelombang seperti ini diperkirakan terjadi di laut Sulawesi bagian Timur, perairan Kepulauan Sitaro, perairan Kepulauan Talaud, perairan Kepulauan Sangihe, Laut Maluku bagian Utara, dan perairan Bitung-Likupang," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, Ricky D Aror di Manado, Selasa.

Di beberapa perairan seperti Laut Sulawesi Bagian Barat dan Tengah, perairan Utara Sulut, Laut Maluku bagian Selatan, dan perairan Selatan Sulut, BMKG memperkirakan tinggi gelombang berkisar antara 1,25-2,5 meter.

"Operator kapal nelayan, kapal ferry, kapal tongkang maupun kapal kargo diharapkan berhati-hati apabila melintasi wilayah yang direkomendasikan BMKG berpeluang terjadi gelombang tinggi," ajaknya.

Dia berharap, nelayan yang memiliki perahu berukuran kecil tetap berhati-hati ketika melaut karena bisa berbahaya mengancam keselamatan jiwa.

Selanjutnya, Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Carisz Kainama memperkirakan cuaca wilayah Sulut hujan ringan.

"Seluruh wilayah Sulut diperkirakan hujan ringan," sebutnya.

Dia menambahkan, kecepatan angin permukaan yang bertiup dari timur laut berkisar antara 10-20 kilometer per jam.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024