Manado (ANTARA) - Pasangan bakal calon (Balon) wali kota dan wakil wali kota Manado, dr. Franky Kambey dan dr. Daud Kirojan, menjadi yang  pertama mendaftar di KPU Manado, Kamis sekitar pukul 11.53 WITA. 

Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor,  didampingi komisioner Sunday Rompas, Sahrul Setiawan, Abdul Gafur Subaer dan Ismael Harun mengatakan Kambey-Kirojan merupakan pasangan pertama yang datang, dengan membawa  33.147 dukungan dari 30.887 yang dipersyaratkan. 

"Hari ini di KPU Manado, sudah datang bakal calon, dr Franky dan dr. Daud membawa dokumen sebagaimana regulasi yang berlaku," katanya   Balon Kambey-Kirojan isi absen saat tiba di KPU Manado. (Jo/ANTARA) (1)
Dia mengatakan sudah periksa lewat Silon sudah cukup, ada berkas B1KWK, dan berkas lainya sudah masuk dan diperiksa, dan dijaga tim dan aparat keamanan. 

Dia menambahkan jika ada berkas yang kurang, maka akan dilakukan perbaikan dan disilahkan memasukannya paling lambat  tanggal 23 Februari  nanti. 

Sementara Bacalon wali kota, dr. Franky Kambey, didampingi Daud Kirojan, mengatakan sudah melakukan persiapan sejak Agustus bersama tim, karena menunggu PKPU sampai Rabu malam.
  Balon Kambey-Kirojan saat tiba di KPU Manado. (Jo/ANTARA) (1)
"Kami melakukan perbaikan, karena memang untuk calon perseorangan tidak gampang, harus  mengumpulkan KTP-el, sampai Rabu malam dan dibawa Kamis ke KPU," katanya. 

Dia mengatakan, memlih jalur perorangan karena terlalu banyak yang pragmatis di Manado sehingga harus dikurangi sedikit, cost politik memang ada tetapi money politik akan dilawan terus.

Pasangan Balon yang sama sama dokter itu mendatangi kantor KPU Manado, diantarkan para pendukungnya dan menyertakan semua kelengkapan berkas pada operator untuk diverifikasi KPU Manado. ****

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024