Manado (ANTARA) - Jajaran Dinas Perhubungan Sulawesi Utara melakukan sejumlah studi untuk meningkatkan layanan transportasi di daerah berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu.

"Kami melakukan penyusunan sejumlah studi yang nanti dijadikan bahan pelengkap penyelenggaraan transportasi di daerah," kata Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Utara (Sulut) Lynda Watania Lynda di Manado, Minggu.

Beberapa studi tersebut, jelas dia, adalah penyusunan studi kelayakan lintas penyeberangan dari Kota Manado menuju beberapa wilayah pulau kawasan Taman Nasional Bunaken.

Lintas penyeberangan tersebut mencakup Manado-Bunaken-Manado Tua-Siladen-Mantehage-Nain-Pesisir Pantai Manado, katanya.

Selain itu, penyusunan studi kelayakan transportasi perkotaan Kabupaten Minahasa-Kota Manado berbasis rel, serta survei fasilitas dan audit kinerja keselamatan jalan.

Selanjutnya, penyusunan studi rencana induk terminal tipe B, perencanaan pembangunan prasarana dan fasilitas perhubungan hingga penyusunan studi Detail Engineering Design (DED) pengembangan terminal tipe B di Kota manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa.

"Berbagai kegiatan pembangunan transportasi di daerah ini tak lepas dari kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw," sebut Lynda.

Keduanya, sebut dia terus membuka ruang melobi pemerintah pusat yang berdampak pada semakin banyak proyek-proyek perhubungan yang dikerjakan di daerah ini.

"Pembangunan itu mencakup sektor transportasi transportasi darat, laut dan udara," katanya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024