Sulut, Tahuna (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara Jabes Ezar Gaghana meresmikan pengoperasian Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Yayasan Pendidikan Kristen GMIST untuk peningkatan keterampilan masyarakat di kepulauan, di Tahuna, Kamis..

BLK yang berada di kompleks Sinode Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) dibangun dengan anggaran Rp500 juta bersumber dari DIPA Direktorat Bina Kelembagaan Pelatihan tahun 2018.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Daerah Kepulauan Sangihe, Dokta Pangandaheng mengatakan, gedung workshop BLK GMIST juga dilengkapi peralatan jahit serta bordir.

"Gedung workshop ini dilengkapi dengan peralatan bordir serta mesin jahit guna memenuhi kebutuhan masyarakat di kepulauan Sangihe," kata dia.

Operasional BLK kata dia selama dua tahun akan dibiayai pemerintah Kabupaten Sangihe melalui APBD.

"Biaya operasional BLK seperti honorarium pengelola serta biaya listrik dan lainnya sudah dianggarkan dalam APBD Sangihe selama dua tahun," kata dia.

Dia mengatakan, kegiatan dinas Tenaga Kerja Sangihe termasuk modal awal pengoperasian BLK ini akan difasilitasi oleh bank BNI cabang Tahuna.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024