Manado (ANTARA) - Gelaran pesta adat "tulude", Rabu (4/2) yang dilaksanakan pemerintah kota Manado, membuat masyarakat Manado asal Nusa Utara menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada wali kota dan wakil wali kota Manado, Dr. Vicky Lumentut dan Mor Bastiaan, SE. 

Ketua Ikatan Kekeluargaan Sangihe Sitaro dan Talaud (IKISST),  Dr. Urbanus Naharia, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kota Manado, karena  
memasukan gelaran tulude sebagai salah satu agenda pariwisata tetap daerah.  Para pejabat menghadiri tulude yang digelar pemerintah kota Manado. (jo/ANTARA) (1)
"Hal tersebut adalah kebanggaan bagi kami warga Manado, asal Nusa Utara, karena adat dan budaya kami mendapatkan tempat yang layak dan baik dalam kepemimpinan wali kota dan wakil wali kota sebagai agenda tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah kota Manado," katanya.  

Dia mengatakan, sebelumnya Pelaksanaan pesta adat tulude, Rabu sore, Wali Kota Manado,  Dr. Vicky Lumentut, mengajak seluruh masyarakat asal Nusa Utara untuk merawat "rumah besar" yakni Manado  dengan kekayaan budaya yang ada. 

"Mari kita rawat bersama Rumah Besar Kita ini, bersama dengan semua etnik yang ada di Manado, hari ini Tulude saya katakan sukses untuk itu terima kasih dari kami bagi semua," kata Lumentut.  Para pejabat menghadiri tulude yang digelar pemerintah kota Manado. (jo/ANTARA) (1)
Dia mengatakan, pelaksanaan tulude dapat dimaknai sebagai permintaan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta simbol meninggalkan yang tidak baik di tahun sebelumnya untuk kemudian memulai hal baik di tahun baru ini.

Lumentut juga minta minta dukungan bagi seluruh warga Manado asal Nusa Utara terhadap berbagai program yang berkelanjutan di tahun 2020, jangan sampai ada yang salah mengimplementasikan program tersebut.***


 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024