Manado (ANTARA) - Kepala Bank Indonesia(BI)  Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat  mengatakan koordinasi lembaga dan instansi yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID)  mampu menjaga kestabilan inflasi.

"Kami memandang positif pencapaian inflasi Sulawesi Utara pada Januari 2020 berada di dalam rentang sasaran inflasi nasional sebesar 3,0±1 persen (yoy).  Hal ini bisa terjadi karena adanya koordinasi lembaga dan instansi di  15 kabupaten dan kota," kata Arbonas di Manado, Rabu.

Dia mengatakan ke depan, koordinasi yang baik antar lembaga dan instansi di tingkat provinsi Sulawesi Utara dan kabupaten serta kota  yang tergabung dalam wadah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) perlu terus dijaga dan ditingkatkan.

Untuk menjaga inflasi, kata Arbonas  dari sisi hulu perlu diperhatikan reformasi kelembagaan pertanian, pengaturan pola tanam serta kerjasama antar daerah akan terus digencarkan dari awal tahun. 

"Hal ini terutama diperlukan untuk menciptakan pola tanam yang konsisten dengan pola konsumsi sehingga ketersediaan stok dapat terjaga terutama pada komoditas-komoditas strategis seperti beras, cabai rawit, dan bawang merah," katany.

Sedangkan dari sisi hilir, efisiensi struktur harga dan ekspektasi masyarakat serta jalur distribusi  menjadi di tahun 2020.

Tentang inflasi Kota Manado pada Januari  2020yang tercipta deflasi 0,09 persen, kata Arbonas menjadi awal yang baik pencapaian stabilitas harga. 

Namun demikian, katanya, tekanan inflasi yang cukup tinggi di Kota Kotamobagu yakni 0,75 persen juga dapat dipandang sebagai sinyal dari risiko kenaikan harga-harga kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau terutama sub kelompok makanan pada tingkat inflasi sebuah daerah.

Dari 90 kota pantauan Indeks Harga Konsumen (IHK) nasional, sebanyak 79 kota mengalami inflasi, dan 11 kota mengalami deflasi sepanjang Januari 2020. Kota Manado termasuk dalam 11 kota yang mengalami deflasi.

Secara nasional Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan pada Januari 2020 terjadi inflasi sebesar 0,39 persen(mtm). Realisasi ini lebih tinggi bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 0,34 persen mtm, begitu pula dari Januari 2019 yang sebesar 0,32 persen mtm.

Dengan demikian, inflasi tahun kalender Januari 2020 sebesar 0,39 persen (year to date/ytd). Sementara, inflasi tahunan Januari 2020 sebesar 2,68 persen (year on year/yoy).

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024