Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di wilayah Sulawesi Utara, Senin.

"Masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," sebut Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi, Carisz Kainama di Manado.

Potensi curah hujan sedang hingga lebat dan angin kencang, sebut dia, dapat memicu terjadinya bencana banjir dan tanah longsor hingga pohon tumbang di daerah-daerah rawan.

Karena itu dia berharap masyarakat tetap berhati-hati apabila melakukan aktivitas pada kondisi cuaca seperti itu.

"Hindarilah daerah bantaran sungai karena berpotensi meluap, daerah terjal atau tebing yang berpotensi longsor hingga pepohonan yang berada di sekitar daerah permukiman," ujarnya.

Peringatan dini cuaca ini, sebut Carisz berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Selanjutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Kepulauan Sitaro..

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024