Mando (ANTARA) - PT PLN Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) berkomitmen untuk membersihkan Danau Tondano dari Eceng Gondok guna meningkatkan kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Manager PLN Persero UPDK Sektor Minahasa, Andreas Arthur di Manado, Rabu, mengatakan pihaknya mengirim peralatan setelah pekerjaan KPS selesai karena Pekerjaan KPS sangat bergantung terhadap kinerja kami di pembangkit PLTA Tonsea dan Tanggari.

“Kami akan tetap suport dan komitmen, merespon dengan segala alat yang bisa kami gunakan di sini, intinya pembersihan Danau Tondano ini akan memberikan dampak positif ke kami, karena pembangkit PLTA, ketika danau Tondano dan aliran sungai bersih pembangkit bisa optimal beroperasi.” jelas Arthur.

Dia mengatakan untuk sementara menurunkan 1 esksfator dan 2 truck angkutan dan berencana akan menambahkan 2 sampai 3 alat,

“Kami akan berkomitmen memaksimalkan tenaga dan peralatan untuk angkat eceng gondok yang sudah ditentukan,” tambah Arthur.

Andreas Arthur berharap pembersihan ini dilakukan terus menerus, jika tidak dilakukan upaya preventatif masyarakat di sini atau pihak yang tinggal di daerah Tondano harus mengerti bahwa pertumbuhan eceng gondok harus cepat dilakukan tindakan pengangkatan jangan merasa jenuh demi anak cucu kita semua nanti.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Ronald T H Sorongan menjelaskan pada tanggal 6 Januari 2020 Pemerintah kabupaten Minahasa akan mencanangkan Kegiatan Bersih Bersih Danau Tondano, dan diharapkan partisipasi dari seluruh masyarakat.

“Dan marilah kita bersinergi dengan pemerintah, baik pemerintah pusat pemerintah provinsi Sulawesi Utara dan pemerintah kabupaten Minahasa sampai ke desa agar pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar," terangnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa, Fenny Ch. M Roring-Lumanauw, bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa, Martina Dondokambey-Lengkong mengatakan ini merupakan salah satu program TP-PKK yang akan dilaksanakan disepanjang tahun 2020 yaitu membersihkan eceng gondok.

Dia menambahkan untuk pelaksanaannya melibatkan semua pengurus dan anggota TP-PKK kabupaten Minahasa, sampai pada TP-PKK Kecamatan dan Desa bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) serta Dekranasda Kabupaten Minahasa. Inipun juga untuk mendukung Program Pemerintah kabupaten Minahasa Tahun 2020 tentang Pelestarian Danau Tondano.

“Semoga apa yang telah diprogramkan dapat berjalan dengan baik dan diharapkan akan dukungan masyarakat untuk ikut bekerja bersama dalam melestarikan Danau Tondano termasuk mengangkat eceng gondok.” Ucapnya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024