Manado (ANTARA) - Peserta Seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Tahun Anggaran 2020 di tingkat Panitia Daerah (Panda) Sulawesi Utara (Sulut) memasuki Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) Tahap I dan Kesehatan Jiwa (Keswa), Selasa.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Sulut Kombes Pol dr Freddy Worang Johanes mengatakan seluruh peserta harus menjalani tes ini dengan sungguh-sungguh.

"Rikkes Tahap I ini terdiri dari pemeriksaan visus mata, buta warna, pengukuran komposisi tubuh (tinggi dan berat badan), pemeriksaan tensi nadi, THT, gigi dan mulut, fisik luar dan dalam, serta evaluasi atau pendalaman kesehatan," katanya.

Pada pelaksanaan tersebut, peserta dibagi menjadi dua kelompok besar untuk mengikuti Rikkes dan Keswa.

Bagi peserta yang hari ini mengikuti Rikkes, maka hari berikutnya mengikuti Keswa, begitu juga sebaliknya.

Jalannya tes turut diawasi secara ketat oleh Pengawas Internal (Itwasda dan Bidpropam Polda Sulut) dan Pengawas Eksternal dari LSM.

Hal tersebut dilakukan untuk mengedepankan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dalam setiap tahapan seleksi di lingkungan Polri.

Dua kegiatan tersebut dilaksanakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulut, Karombasan Manado.

Rikkes dan Keswa diikuti oleh 405 peserta, terdiri dari 382 polisi laki-laki dan 23 polisi wanita.

Peserta yang berhak mengikuti Rikkes dan Keswa ini merupakan peserta yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dalam tahap pemeriksaan psikologi, yang dilaksanakan Senin (27/1).

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024