Manado (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan memperketat pengawasan penumpang yang datang dari luar negeri di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona baru, yang menimbulkan wabah di Wuhan, China.

"Upaya pencegahan kami lakukan dengan melakukan pendeteksian, mengamati setiap penumpang yang tiba dari China dengan menggunakan alat thermal scanner (pemindai suhu tubuh) yang sudah terpasang di area kedatangan internasional Bandara Sam Ratulangi Manado," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Manado Yohanis Patari di Manado, Jumat.

Penumpang yang suhu tubuhnya dideteksi melebihi 38 derajat Celsius, ia mengatakan, akan dibawa di ruang karantina untuk diperiksa lebih lanjut kondisi kesehatannya.

Yohanis menambahkan, guna mencegah penularan virus seluruh petugas bandara yang melayani penumpang penerbangan internasional juga dilengkapi dengan alat pelindung diri seperti masker.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai mengatakan bahwa peningkatan pengawasan untuk mencegah penyebaran virus Corona juga mencakup lalu lintas barang dari luar negeri.

"Pengawasan yang dilakukan bukan hanya pada penumpang saja, tetapi juga terhadap barang yang akan masuk ke bandara," katanya.

Sulawesi Utara termasuk salah satu tujuan wisata turis dari China dan kunjungan wisatawan dari China yang datang melalui Bandara Sam Ratulangi Manado sepanjang 2019 meningkat 8,5 persen dibanding tahun sebelumnya menurut data bandara.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024