Manado (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara  Steven Kandouw mengatakan pemerintah akan mendorong pariwisata berkelanjutan dan energi terbarukan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

"Hal ini dilakukan karena potensi pariwisata berkelanjutan dan energi terbarukan sangat besar dan akan diandalkan di tahun 2020 ini," kata Steven di Manado, Selasa.

Oleh karena itu, lanjut dia, Pemprov Sulawesi Utara terus mencari peluang dan melirik sumber yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi tersebut.

"Salah satunya dengan mendorong investor untuk berinvestasi di Bumi Nyiur Melambai kita ini," kata Steven.

Dia mengatakan belum lama ini dirinya mempromosikan peluang investasi di Sulawesi Utara di hadapan 150 pelaku usaha dari negara-negara Eropa yang tergabung dalam King Networking pada pertemuan yang digelar di Amsterdam, Belanda.

Pihaknya mempresentasikan potensi Sulawesi Utara secara keseluruhan, termasuk ekonomi dan investasi yang bisa dikerjasamakan.

Ia mengatakan sektor pariwisata dan energi terbarukan  akan dikembangkan sehingga membutuhkan investasi dari Eropa.

Negara-negara Eropa, katanya, sangat perhatian dengan konsep pariwisata berkelanjutan dan energi terbarukan.

Khususnya untuk energi ramah lingkungan, katanya, jadi satu proyek tapi bisa berdampak pada tiga aspek, untuk pariwisata, daur ulang energi serta untuk pengembangan komunitas masyarakat.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024