Manado (ANTARA) - Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George Manurung mengatakan, jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara akan dibuka fungsional hingga 3 Januari 2020.

"Jadi panjang tol yang difungsionalkan sepanjang 25 kilometer yang membentang dari Manado hingga Manembo-Nembo," kata Manurung yang didampingi Kepala BPJN XV Manado Triono Junoasmono di Manado, Jumat.

Dia berharap, setelah tol difungsionalkan masyarakat dapat menikmati perjalanan nyaman bila dibandingkan ketika menggunakan ruas jalan sebelumnya yang biasanya dilanda kemacetan.

"Dibukanya tol ini pasti akan lebih efisien dari waktu tempuh, lebih cepat sampai ke tujuan, manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya sambil mengikuti rambu yang telah dipasang," ajaknya.

Dia menambahkan, pintu tol yang disediakan untuk bertransaksi yaitu khusus di gerbang utama, walaupun ada gerbang lainnya yang berada di Airmadidi.

"Transaksi menggunakan kartu pembayaran elektronik, tidak tunai. Upaya ini (menggunakan kartu nontunai) adalah bagian mendukung program pemerintah dan Bank Indonesia untuk membiasakan masyarakat membayar tidak dengan uang tunai," ujarnya.

Manurung memastikan bahwa sejak operasional mulai hari ini hingga 3 Januari mendatang, pengguna tol tidak dipungut biaya atau gratis.

"Memudahkan transaksi menggunakan kartu pembayaran elektronik ini ada beberapa bank yang bisa diakses seperti BNI, Mandiri, BNI, BCA, BTN, dan Bank SulutGo," katanya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024