Sulut, Tahuna (ANTARA) - Sekretaris Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Edwin Roring, mengatakan Dana Insentif Daerah (DID) tahun 2020 naik Rp20 miliar.

"Tahun 2020, DID Kabupaten Sangihe menjadi Rp42,3 miliar atau naik Rp20 miliar dibandingkan tahun 2019 sebanyak Rp22,3 miliar," kata Edwin Roring di Tahuna, Kamis.

Menurut dia, kenaikan DID tahun 2020 berdasarkan hasil penilaian pemerintah pusat terhadap inovasi yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Sangihe.

"Pemerintah pusat telah memberikan penilaian yang baik terhadap beberapa inovasi yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Sangihe," kata dia.

Menurut dia, salah satu inovasi yang mendapat pengakuan dari pemerintah pusat adalah di bidang pendidikan dan kesehatan.

"Program pemerintah kabupaten yang mewajibkan pihak sekolah mengantar setiap anak yang lulus melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi mendapat apresiasi dari pemerintah pusat," kata dia.

Selain itu kata dia, program 'Medaseng' yang di laksanakan setiap bulan juga merupakan inovasi yang diapresiasi oleh pemerintah pusat.

"Mungkin baru di Sangihe ada program seperti Medaseng dan dua hari tidak makan nasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah," kata dia.

Berbagai inovasi ini kata dia, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat sehingga diberi penghargaan melalui penambahan DID.

"Berbagai program yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Sangihe telah diapresiasi sehingga diberi tambahan dana inovasi daerah untuk tahun 2020," kata dia.*

Pewarta : Jerusalem Mendalora

Copyright © ANTARA 2024