Manado (ANTARA) - PLN Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) melakukan penamanan ribuan pohon di lokasi wisata lereng Gunung Mahawu di Kota Tomohon dalam memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2019.

"PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo melaksanakan kegiatan menanam pohon yang berjumlah sekitar 4.000 pohon di lokasi wisata Lereng Gunung Mahawu Kota Tomohon," kata GM PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo yang diwakili oleh Senior Manager SDM & Umum Galih Chrissetyo di Manado, Sabtu.

HMPI, katanya, merupakan hari peringatan yang sudah ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 24 Tahun 2008 merupakan langkah untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat terkait pentingnya menanam pohon.

HMPI juga dilakukan sebagai wujud kepedulian dalam memulihkan kerusakan hutan dan lahan yang akhir-akhir ini sering terjadi.

"Tentunya ini merupakan sebuah sinergi, PLN sebagai salah satu BUMN memiliki komitmen untuk mendukung program pemerintah setempat melalui Program PLN Peduli, untuk selalu senantiasa memperhatikan lingkungan karena udara yang bersih akan menghasilkan suatu kehidupan yang lebih baik dan sehat dan tentunya dengan kita menanam pohon ini menjadi sebuah gambaran bahwa kita akan membekali anak cucu kita kedepan untuk bisa hidup lebih layak dengan lingkungan yang terjaga, menanam pohon berarti juga menanam doa dan harapan untuk masa depan generasi berikutnya,” ungkap Galih Chrissetyo.

Selain itu PLN Group terus berkomitmen setiap tahun untuk ikut serta dalam HMPI dan secara khusus 2019 ini juga dilakukan serentak penanaman pohon 21.000 di seluruh PLN di berbagai kota, tambahnya.

Tak Ketinggalan Millenial PLN Group Suluttenggo, yang diwakili oleh Manager ULP Tomohon Anita Laluyan mengatakan Millenial PLN Group merepresentasikan kegiatan ini sebagai kepedulian para kaum millenial yang mencintai lingkungan, dan mengajak untuk seluruh millenial peduli terhadap keberlangsungan bumi hijau bagi anak cucu kita kelak.

Dalam kesempatan yang sama Pemerintah Kota Tomohon yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon memberikan apresiasi kepada PLN yang telah menggagas aksi yang positif seperti ini.

“Untuk lokasi kawasan konservasi seperti ini harus terus dijaga dan lestarikan salah satu cara lewat menanam pohon, dan kami sangat berterima kasih kepada PLN yang sudah menginisiasi kegiatan ini semoga dapat menjadi contoh untuk BUMN lain dan juga kami sangat mengharapakan kegiatan seperti ini dapat turus dilanjutkan sebagai kegiatan percontohan” ucap Novi Politon.

"Kegiatan seperti ini sudah sangat baik, positif, dan bermanfaat bagi masyarakat terkait dengan kelestarian lingkungan karena sekarang ini kawasan hutan sudah banyak mengalami degradasi dengan banyak berkurangnya pohon sebagai penghasil oksigen," tambah Arie Timbuleng mewakili KPH Unit 5 Provinsi Sulawesi Utara.

Serangkaian kegiatan ini ditutup dengan penanaman secara simbolis beberapa bibit pohon ditempat yang sudah disediakan oleh perwakilan PLN, Pemerintah Kota Tomohon, Stakeholder yang hadir seperti Pihak Kepolisian dan Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam aksi menanam pohon ini turut dihadiri oleh Manajemen PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo yang diwakili oleh Senior Manager SDM & Umum Galih Chrissetyo beserta jajarannya, Manager Unit Layanan Pelanggan Tomohon dan Tondano Anita Laluyan dan Reagen Jacobis, serta mewakili Stakeholder setempat yaitu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon Novi Politon SE MM, Kepala Kepolisian Sektor Tomohon Tengah Chilom Diar, Lurah Rurukan Sidonia Marli Palit SPI MM, dan Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Unit 5 Provinsi Sulawesi Utara Arie Timbuleng SH.

Stakeholder turut diundang dalam aksi ini karena merupakan sebuah sinergi yang dibutuhkan PLN untuk membangun silahturahmi yang baik ke depan.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024