Manado (ANTARA) - Pinjaman kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) masih mendominasi penyaluran kredit produktif PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Utara Gorontalo (BSG) hingga September 2019.

"Hingga 30 September 2019, total kredit yang membiayai UMKM mencapai Rp817 miliar," kata Dirut BSG Jeffry Dendeng di Manado, Kamis.

Jeffry mengatakan angka itu sangat signifikan karena menjadi bagian dari kredit produktif yang total keseluruhan penyalurannya mencapai Rp1,3 triliun.

Ia menambahkan tingginya pembiayaan kepada UMKM menunjukkan akses pelaku usaha mikro terhadap produk perbankan makin baik.

"Jika melihat profil kredit produktif, didominasi pembiayaan UMKM itu baik, karena dampak dari kredit modal usaha ini lebih luas, menyasar banyak pihak," katanya.

Meski demikian, penyaluran kredit untuk sektor konsumtif masih jauh di atas pinjaman kredit produktif yaitu Rp10,6 triliun pada September 2019.

Secara keseluruhan, total penyaluran kredit Bank BSG pada akhir September 2019, mencapai Rp11,97 triliun.

Realisasi kredit tersebut naik 6,87 persen jika dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp11,20 triliun.

Dengan pencapaian ini, ia memastikan, realisasi penyaluran kredit BSG pada akhir tahun telah mencapai target sesuai rencana bisnis bank Rp11,65 triliun.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024