Manado (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) mengedukasi keselamatan ketenagalistrikan kepada masyarakat.

"Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Sapa Barat Kecamatan Tengah Kabupaten Minahasa Selatan yang dihadiri oleh puluhan masyarakat dan didampingi Hukum Tua desa Sapa Barat Jackson Tahupiah," kata General Manager PLN Suluttenggo Christyono melalui Asisten Manager Komunikasi PLN UIW Suluttenggo Jedri Pangalila, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan edukasi ini bertujuan agar masyarakat lebih paham pemakaian listrik yang aman juga disosialisasikan penggunaan listrik yang saat ini sudah menjadi gaya hidup.

Manager Keuangan, SDM dan Administrasi PLN UP2D Suluttenggo Noven Koropit, mengatakan selama kegiatan berlangsung masyarakat sangat antusias, sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait penggunaan listrik yang baik dan benar.

PLN selama ini rutin melakukan edukasi terkait keamanan kelistrikan kepada masyarakat. Ada beberapa hal yang disampaikan kepada masyarakat demi mencegah musibah terkait kelistrikan.

“Kami melakukannya dengan mengedukasi ke masyarakat melalui berbagai cara. Pertama dengan model pemberitahuan standard engineering yang mudah dipahami,” katanya.

Dia mengatakan juga mengedukasi untuk memahami perbedaan jarak aman di antara berbagai fasilitas bertegangan tersebut. Terdapat jarak-jarak aman di antara tegangan listrik itu yang tidak boleh dilalui.

"Misalnya, instalasi bertegangan rendah, istilahnya kita baru akan tersetrum jika memegang kabelnya. Namun, untuk tegangan ekstra tinggi, yang 150 KV ke atas itu meski kita tidak menyentuh instalasinya, sudah tersetrum jika berada terlalu dekat, akibat dari medan magnet listrik yang terbentuk,” jelasnya.

Juga, katanya, mengenai bahaya bermain layangan di sekitar jaringan PLN, keharusan menjaga jarak aman tiga meter dari jaringan listrik, dan tindakan pengamanan listrik yang harus dilakukan saat banjir dengan menurunkan saklar MCB serta mencabut berbagai kabel listrik di rumah.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024