Manado (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo mengedukasi generasi milenial di daerah tersebut tentang ketenagalistrikan.

"PLN Suluttenggo melaksanakan sosialisasi pengenalan listrik kepada siswa-siswi SD Negeri 11 Manado dengan total 105 siswa-siswi yang mengikuti kegiatan tersebut," kata Manager Bagian Operasi Sistem Distribusi 1 PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Suluttenggo Lonnard E Nelwan di Manado, Selasa.

Lonnard menjelaskan beberapa penyampaian terkait bagaimana proses listrik dihasilkan, disalurkan, dan sampai bisa dinikmati manfaatnya bagi masyarakat.

Disamping itu, katanya, edukasi terkait penggunaan listrik secara baik dan benar pun menjadi salah satu materi yang disampaikan.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan anak-anak bisa mengetahui proses listrik itu bisa sampai dinikmati sampai ke masyarakat, supaya mereka dapat membayangkan ternyata dari pembangkit sampai ke distribusi itu merupakan proses yang panjang," jelasnya.

Serta, katanya, PLN ingin menggambarkan terkait kebutuhan listrik dan untuk menghindari penyalahgunaan listrik dan bahaya listrik.

Kepala Sekolah SD Negeri 11 Manado Yeyce Tumbelaka mengapresiasi PLN Suluttenggo yang sudah memberikan edukasi soal kelistrikan.

Yeyce menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan suatu rangkaian pembelajaran kontekstual dimana seluruh siswa-siswi diharapkan bukan hanya mendapatkan ilmu teori didalam kelas saja namun bisa mengetahui secara langsung di lapangan terkait proses penyaluran listrik sampai dinikmati masyarakat.

Pembelajaran konstektual ini nantinya akan dilaksanakan oleh seluruh siswa-siswi yang berada di kelas enam SD sesuai dengan tema pembelajaran yang mereka dapatkan.

"Kami juga mengharapkan kepada PLN untuk bukan hanya hari ini namun kedepannya agar PLN dapat terbuka terhadap pengembangan pendidikan bagi anak-anak khususnya yang ada di kota Manado agar mereka dapat mengenal lebih dekat lagi PLN itu dalam kehidupan mereka sehari-hari,” ujarnya.

PT PLN (Persero) Unit Pengatur Distribusi Suluttenggo, mengajak seluruh siswa-siswi melihat keadaan dalam ruangan kontrol room, dimana ruangan tersebut menjadi tempat untuk mengatur jalannya pendistribusian tenaga listrik yang ada di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024