Manado (ANTARA) - Carisz Kainama adalah sosok Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kelas II Sam Ratulangi Manado yang kerap menghias halaman media lokal bila bersinggungan dengan peringatan dini cuaca di wilayah Sulawesi Utara.

Setelah bekerja di bidang meteorologi, jebolan Akademi Meteorologi dan Geofisika Jakarta ini tertantang menekuni bidang yang menyajikan informasi meteorologi (cuaca) secara cepat dan akurat.

Alasannya sederhana, informasi meteorologi pasti langsung bersentuhan dengan kehidupan sehari-hari.

"Informasi yang cepat dan akurat menjadi pedoman masyarakat ketika akan beraktivitas. Informasi peringatan dini cuaca sangat-sangat penting karena menjadi informasi awal masyarakat mewaspadai cuaca yang dapat mendatangkan bencana," sebutnya.

Pria yang menamatkan pendidikan dasarnya di SD Negeri 1 Kairatu, Maluku itu menambahkan, informasi meteorologi juga sangat berperan di bidang penerbangan.

Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa di setiap bandara diwajibkan dibangun kantor meteorologi.

Penerbang misalkan, membutuhkan informasi angin, tekanan dan kondisi cuaca yang akurat selain untuk waspadai cuaca buruk juga dapat membantu efisiensi manakala "take off" dan "landing".

Selain itu, sebut dia, informasi meteorologi sepanjang rute penerbangan juga dibutuhkan agar penerbang bisa mengantisipasi kondisi cuaca buruk maupun awan-awan yang membahayakan bagi penerbangan.

Bagi masyarakat umum, informasi meteorologi juga dapat membantu mengantisipasi lebih awal mengenai kondisi cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan bencana alam (banjir, longsor, angin kencang, dll).

Sementara info prakiraan cuaca harian dapat berguna bagi masyarakat yang ingin melakukan aktivitas di luar rumah agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya.

Pria kelahiran April 1988 mengakui, adrenalinnya terpacu saat cuaca buruk melanda bandara dan sekitarnya, padahal di waktu bersamaan ada pesawat yang akan mendarat.

"Peran kami menyampaikan informasi cuaca yang disertai dengan pengamatan dan analisa akurat sangat dibutuhkan saat itu. Apalagi ini menyangkut keselamatan pengguna transportasi," ujarnya. ***3***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024